IBL

Kabar menggembirakan datang dari IBL 2021. Dari tes usap Polymere Chain Reaction (PCR) kelima yang dilakukan di gelembung IBL 2021, hasilnya tidak ditemukan kasus positif Covid-19. Semua peserta liga baik pemain, ofisial, wasit dan panitia dinyatakan negatif dari virus tersebut. Namun hasil ini tidak lantas membuat IBL mengendurkan pengawasan. Mereka justru meminta peserta agar tetap taat protokol kesehatan.

Tes PCR kelima diselenggarakan pada hari Rabu, 24 Maret 2021. Ini memang sesuai rencana awal bahwa semua peserta akan menjalani tes di sela-sela penyelenggaraan seri. Kebetulan hari Rabu kemarin semua tim libur. Mereka akan kembali bertanding pada hari Jumat, 26 Maret di seri ketiga. Namun ada satu laga tunda antara Louvre Dewa United Surabaya melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang akan dillaksanakan pada Kamis sore, 25 Maret 2021.

IBL mencatat bahwa 463 orang di dalam gelembung, yang terdiri dari pemain, pelatih, ofisial, wasit, petugas lapangan, panitia dan staf IBL, semuanya negatif Covid-19. Ini membuktikan bahwa protokol kesehatan sudah dijalankan dengan baik.

"Kami tidak boleh lengah dan harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Junas Miradiarsyah selaku Direktur IBL, dikutip dari laman resmi liga. "Mitigasi dan protokol kesehatan akan selalu dijalankan dengan disiplin ketat. Semoga seterusnya bebas dari Covid-19."

IBL mencatat tren penurunan pada kasus Covid-19 yang terjadi di lingkungan mereka. Pada bulan Januari 2021 lalu, hasil PCR seluruh tim dan panitia IBL menunjukkan ada 69 kasus positif. Kemudian pada tes yang dilakukan tanggal 6 Maret 2021, jumlah orang terpapar menurun drastis menjadi 17 orang.

Kemudian ketika dilakukan tes sebelum memasuki gelembung di Robinson Cisarua Resort, Bogor Jawa Barat, pada 8 Maret, ada 13 orang kasus positif Covid-19. Sementara pada tes 16 Maret, hanya ada satu orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Sementara itu, seluruh peserta juga telah mendapatkan vaksin pertama pada tanggal 16 Maret lalu, dan direncanakan akan ada vaksin kedua pada 1 April mendatang. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar