IBL

Los Angeles Lakers merosot ke peringkat keempat klasemen Wilayah Barat. Itu terjadi setelah LeBron James mengalami cedera pergelangan kaki, dan Lakers mengalami kekalahan tiga kali berturut-turut. Dari data statistik diperoleh fakta bahwa Laker memang membutuhkan LeBron.

Dikutip dari Sports Center, LeBron akan beristirahat selama beberapa minggu karena cedera pegelangan kaki. Ini jelas bukan cedera biasa, karena LeBron harus mendapatkan perawatan intensif. Sebab, kalau hanya cedera ringan saja, LeBron masih bisa bermain. Karena LeBron dikenal sebagai seorang atlet yang rela menginvestasikan uang yang besar demi kebugaran fisiknya. Lalu seberapa penting LeBron bagi Lakers? Jawabannya ada pada data-data statistik tim yang kini banyak ditampilkan di media.

Data tersebut diambil sejak LeBron bermain untuk Lakers dari tahun 2018. Saat LeBron bermain, Lakers rata-rata mencetak 113,1 poin per pertandingan, dengan akurasi tembakan keseluruhan 48 persen, serta akurasi tripoin 35 persen. Lakers bersama LeBron mencetak 105 kemenangan dan 57 kekalahan, dengan rata-rata keunggulan saat menang sebesar 3,9 poin.

Tetapi angka ini turun drastis ketika LeBron absen dalam pertandingan. Lakers tanpa LeBron mencetak rekor 11 kali menang dari 23 pertandingan. Mereka mencetak 108,5 poin per pertandingan, dengan akurasi tembakan keseluruhan 46 persen dan akurasi tripoin 32 persen. Lakers kalah dengan rata-rata poin sebesar 4,1 poin per pertandingan.

Sebelum jeda kompetisi awal Maret lalu, Lakers kehilangan Antony Davis yang mengalami cedera betis. Tetapi absennya Davis tidak berpengaruh pada persentase kemenangan Lakers. Karena mereka masih memiliki LeBron. Tetapi saat ini, Lakers bahkan tidak diperkuat kedua pemain. Artinya, persentase kemenangan Lakers bisa turun drastis. Seperti dalam tiga pertandingan yang berakhir dengan kekalahan.

LeBron James musim ini bermain sebanyak 41 laga dari total 44 pertandingan Lakers. LeBron mencetak rata-rata 25,4 poin, 7,9 rebound, dan 7,9 asis per laga, dengan rata-rata waktu bermain selama 33,9 menit. (tor)

Foto: Orange County Register

Komentar