IBL

LeBron James menderita cedera pergelangan kaki kanan di pertandingan melawan Atlanta Hawks, Sabtu malam, waktu setempat. Alih-alih tinggal di rumah sakit, LeBron kabarnya ikut terbang ke Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Meski tidak bermain, LeBron akan mendampingi rekan-rekannya bertanding melawan Phoenix Suns, Minggu malam, waktu setempat.

Cedera LeBron jadi kabar paling buruk bagi Lakers. Dia tidak bisa diturunkan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Tetapi kabar baiknya, LeBron tidak ingin berbaring di rumah sakit, sementara rekan-rekannya berjuang di lapangan. Menurut Dave McMenamin dari ESPN, LeBron James ikut terbang ke Phoenix bersama rekan-rekannya.

Cedera LeBron kali ini berbeda dengan Anthony Davis. Meski mengerang kesakitan di lantai Staples Center, LeBron dinyatakan negatif dalam pemeriksaan MRI. Dia diperbolehkan bepergian asal tidak melakukan kegiatan yang bisa berpengaruh pada penyembuhannya. Kalau Anthony Davis, dia harus berada di tengah pengawasan dokter. Oleh sebab itu, Davis bisa berada di bench Lakers bila mereka sedang bermain di rumah sendiri.

LeBron menunjukkan bahwa dirinya adalah sosok pemimpin yang baik. Namun lebih dari itu, LeBron jelas tak mau membuat cederanya berpengaruh pada mental bertanding rekan-rekannya. Karenanya, LeBron memilih tetapa bersama tim, meski dalam kondisi cedera.

Keputusan LeBron mendapatkan dukungan dari rekan-rekan lainnya. Mengingat mereka merasa ketakutan dengan prediksi para analis NBA tentang Lakers. Khususnya setelah cedera yang menimpa LeBron. Lakers juga harus menghadapi jadwal berat sampai akhir bulan Maret ini, termasuk bertemu Philadelphia 76ers dan Milwaukee Bucks.

Meski bagus secara mental, namun kontribusi LeBron di lapangan sangat besar bagi Lakers. Apalagi mereka sudah kehilangan Anthony Davis sebelumnya. Kalau secara mental dan kekuatan tidak bagus, maka Lakers akan mengalami kemunduran dalam beberapa minggu ke depan. (tor)

Foto: Los Angeles Times

Komentar