IBL

Tak dipungkiri bahwa kehadiran film Space Jam memukau para penggemar basket di seluruh dunia, khususnya bagi pemuja Michael Jordan. Film tersebut awalnya dianggap sebagai sebuah cerita kultus, atau penghormatan terhadap seorang Michael Jordan di dunia basket. Namun kemunculan LeBron James sebagai bintang utama Space Jam: A New Legacy memunculkan sebuah tuduhan bahwa dirinya dianggap peniru Michael Jordan.

LeBron James masih berusia 11 tahun saat film Space Jam pertama dirilis tahun 1996. Film yang disutradarai Joe Pytka tersebut menceritakan tentang petualangan Michael Jordan bersama beberapa karakter kartun Looney Tunes menyelamatkan bumi dari serangan sekumpulan monster raksasa bernama "Monstars". Mereka menyelesaikan semua masalah di lapangan basket.

(Sumber foto: EBay)

Sebagai seorang anak yang mulai mencintai basket, LeBron mengaku sangat senang ketika film Space Jam ditayangkan. Itu diungkapkan bintang Los Angeles Lakers tersebut dalam wawancara dengan Entertainment Weekly beberapa waktu lalu.

"Space Jam sangat mengagumkan. Saya sendiri kagum ketika film tersebut ditayangkan. Bahkan saat saya ditawari bermain di sekuel film ini, ada kekhawatiran dalam diri saya. Mampukah saya melakukannya sebaik Michael Jordan," tutur James.

LeBron memang selalu dibandingkan dengan Michael Jordan dalam segala hal. Terutama soal prestasinya di NBA. Namun belakangan, setelah munculnya Space Jam: A New Legacy, tampaknya memicu perdebatan baru. LeBron dituduh meniru semua yang pernah dicapai Michael Jordan dalam hidupnya, termasuk membintangi film layar lebar.

LeBron sendiri sudah mendengar tuduhan tersebut. Tapi dirinya punya jawaban tentang hal itu. Dengan jujur, LeBron mengatakan bahwa apa yang dia punya tujuan sendiri. Punya sesuatu untuk diperjuangkan, ketimbang sekadar meniru Michael Jordan.

"Mungkin ketika masih muda, saya akan punya pikiran seperti itu. Siapa yang tidak ingin seperti Michael Jordan?" ungkapnya. "Tapi seiring saya semakin dewasa, saya tahu siapa diri saya, dan saya tahu apa yang saya perjuangkan dalam hidup ini. Selalu ada percakapan tentang LeBron mencoba melakukan apa pun yang dilakukan Michael."

Proyek Space Jam 2 sendiri bukan gagasan dari LeBron. Ada pihak-pihak yang tertarik membuat film ini menjadi sebuah saga. Tujuan utamanya, mereka ingin agar Space Jam dijadikan sebuah penanda kehebatan seorang pemain NBA dari masa ke masa. Jadi bisa saja nantinya ada pemain hebat yang dibuatkan film seperti Michael Jordan dan LeBron James. Dan, tentu saja judulnya masih tetap Space Jam.

Dalam wawancara tersebut, LeBron juga mengungkapkan bahwa dirinya belum bertemu Michael Jordan, apalagi membicarakan tentang Space Jam. Namun dirinya berharap Michael Jordan menyempatkan waktu untuk menyaksikan film Space Jam: A New Legacy. Bila kesempatan itu tiba, maka LeBron bersedia menemaninya. LeBron juga menegaskan bahwa film ini bukan sekuel Space Jam milik Michael Jordan.

"Saya harap bisa dapat kesempatan menonton filmnya (Space Jam: A New Legacy) bersama Mike. Saya sudah berusaha memberikan yang terbaik untuk melanjutkan warisannya. Saya pikir pemirsa akan segera mengetahuinya. Film ini bukan sekuel. Film ini punya cerita sendiri. Space Jam adalah sebuah dunia yang dibuat oleh Mike. Itu miliknya. Saya memiliki tanggung jawab yang besar ketika masuk dalam dunia yang dia buat," pungkas LeBron. (tor)

Foto: Screen Rant

Komentar