IBL

Bintang Brooklyn Nets Kyrie Irving mencoba menghidupkan kembali wacana mengganti logo NBA. Irving mengusulkan bahwa logo yang sekarang diganti dengan siluet sosok Kobe Bryant. Meski gagasan itu mendapat dukungan dari tiga juta penggemar liga, namun NBA tak menggubris. Mereka punya alasan yang kuat untuk tidak mengganti logo.

Dimulai dari Kyrie Irving, kemudian dukungan tiga juta penggemar NBA, dilanjutkan dengan Vanessa Bryant dan pemilik Los Angeles Lakers Jennie Buss. Mereka mencoba membuat NBA bisa mengganti logo yang ada sekarang dengan siluet atau gambar mendiang Kobe Bryant. Faktanya, sampai sekarang Komisaris Adam Silver tidak merespons gagasan tersebut. NBA tidak ingin mengganti logo yang dipakai sejak 1969 tersebut.

Baca Juga: Kyrie Irving Ungkit Wacana Mengubah Logo NBA

Ada alasan yang kuat mengapa NBA berkukuh tidak mau mengubah logo. Alasan pertama, NBA tidak ingin logo tersebut identik dengan satu orang. NBA sampai sekarang tetap tidak mau mengakui bahwa logo yang dipakai sekarang adalah siluet gerakan Jerry West, legenda Los Angeles Lakers. Walau faktanya, Alan Siegel mendesain logo tersebut pada tahun 1969 menggunakan foto West.

"NBA tidak ingin menjadikan logo sebagai penghormatan kepada orang tertentu. Logo dibuat untuk menunjukkan mereka sebagai sebuah liga, bukan perorangan," ucap Siegel, dikutip dari Essentially Sports.

NBA juga punya alasan yang kuat, mengapa sampai sekarang mereka enggan mengakui bahwa sosok di logo adalah Jerry West. Kalau sampai itu dilakukan, maka West bisa memiliki hak untuk menuntut royalti, dan liga harus memberikan sebagian uang branding yang mereka terima. Itu berlaku sama ketika logo NBA diubah dengan siluet atau gambar Kobe Bryant. Sebagian pendapatan liga yang nilainya miliaran akan jatuh ke tangan keluarga mendiang Kobe Bryant.

Jadi intinya, liga tetap memberikan penghormatan kepada pemain-pemain legendaris. Tetapi tidak dengan menempatkannya sebagai logo. Petisi untuk mengganti logo tidak akan digubris oleh NBA. (tor)

Foto: M Moser

Komentar