IBL

San Antonio Spurs menjamu Denver Nuggets di AT&T Center, San Antonio, Texas, Amerika Serikat, Jumat, 29 Januari 2021, waktu setempat. Sama-sama datang dengan modal tren kemenangan beruntun, gim pun berlangsung ketat. Terbukti dengan terjadinya 12 kali pergantian keunggulan dan 10 kali posisi seimbang dari kedua tim. Namun, Spurs berhasil membawa pulang kemenangan setelah laju 10 poin cepat mereka di lima menit terakhir tak terjawab oleh Nuggets. Skor akhir 119-109.

Selain kehilangan konsentrasi paruh terakhir kuarter empat, kekalahan Nuggets juga disebabkan buruknya akurasi tembakan gratis mereka. Nuggets mendapatkan 20 kesempatan tembakan gratis dan hanya berhasil memasukkan 13 di antaranya (65 persen). Sedangkan Spurs 26 kali mencoba, berhasil masuk 21 kali (81 persen).

DeMar DeRozan jadi pemimpin kemenangan Spurs dengan dobel-dobel 30 poin dan 10 asis. Ini adalah 30 poin kedua DeRozan musim ini. Ia tampil efektif dengan akurasi tembakan mencapai 79 persen (11/14) dan sempurna dari tembakan gratis (7/7). Dejounte Murray menyusul dengan 26 poin dan 7 rebound. Keldon Johnson menambahkan 19 poin sedangkan Patty Mills memimpin barisan cadangan dengan 17 poin.

Top skor gim ini sendiri adalah Nikola Jokic. Seperti biasa, Jokic kembali mencetak dobel-dobel dengan 35 poin, 10 rebound, dan 5 asis. Akurasi Jokic masih cukup stabil dengan 58 persen (14/24). Sayangnya, Jokic tak dapat bantuan berarti. Jamal Murray mencetak 20 poin, 6 rebound, dan 7 asis. Gary Harris 11 poin sedangkan Monte Morris 10 poin. Duet pemain cadangan Nuggets yang panas di dua gim sebelumnya, Michael Porter Jr. dan JaMychal Green hanya mencetak total 12 poin hari ini.

Hasil ini membuat tren positif Nuggets terhenti. Sebelumnya, tim asuhan Michael Malone sedang melaju dengan lima kemenangan beruntun. Hal ini pula yang membuat Nuggets merangsek cepat ke peringkat empat klasemen sementara Wilayah Barat. Namun, karena kekalahan ini, Nuggets tak sendiri di posisi itu. Spurs yang tidak terkalahkan dalam tiga gim terakhir kini seimbang dengan Nuggets. Keduanya sama-sama memiliki rekor (11-8).

Nuggets akan kembali ke kandang mereka untuk gim selanjutnya dengan menjamu Utah Jazz, lusa, waktu setempat. Sedangkan Spurs akan kembali bermain esok hari melawan Memphis Grizzlies, masih di kandang sendiri. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar