IBL

Los Angeles Lakers mencetak rekor pertandingan 12-4, dan berada di peringkat kedua klasemen sementara Wilayah Barat. Namun sebenarnya, di balik dominasi Lakers, ternyata ada Anthony Davis yang sedang berjuang menaikkan performanya. Davis belum mencetak 20 poin dalam lima pertandingan terakhir.

Selama lima pertandingan terakhir, Davis hanya mengoleksi 17,8 poin dengan akurasi tembakan 47,9 persen. Tembakan tripoin hanya satu dari enam percobaan, dan 71,4 persen dari tembakan gratis. Sementara dari total 16 pertandingan, Davis mencetak rata-rata 21,1 poin per laga. Padahal pada musim 2019-2020, Davis mencetak rata-rata 26,1 poin per pertandingan, yang notabene jadi musim pertamanya bersama Lakers.

Penurunan performa ini diakui oleh Davis. Bahkan secara pribadi, Davis menyebut dirinya payah. Sebab tidak mampu mengisi lembar statistik dengan 20 poin selama lima pertandingan terakhir. Meksi secara tim, Lakers masih unggul 4-1, saat Davis tidak mencetak 20 poin atau lebih.

"Saat ini, saya sedang bersikap keras terhadap diri saya sendiri. Saya pikir saya payah sekarang," ucap Davis, setelah menang lawan Milwaukee Bucks.

Salah satu alasan Lakers tetap superior adalah LeBron James. Dia masih mencetak rata-rata 25,2 poin, 7,2 asis, dan 6,6 rebound dalam lima pertandingan terakhir. James juga menyebut penurunan performa dari Davis bukan berarti buruk. Menurut James, Davis memberi kontribusi berbeda selain poin.

"Menurut saya, dia terus berkembang di setiap pertandingan," kata James, dikutip dari ESPN. "Davis sekarang bisa mengatur screen dengan baik, memecahkan pertahanan lawan. Bila dia melihat pemain lain yang terbuka, dia bisa mengirim umpan tepat waktu, sehingga bisa membuat poin. Meski bukan dia yang mencetak poin itu."

Meski mendapatkan pujian dari James, bukan berarti Davis tak ingin kembali ke performa terbaiknya. Meski Davis diberi waktu untuk bersantai di awal musim. Frank Vogel sebagai kepala pelatih berencana menaikkan performanya di akhir musim reguler hingga playoff. Sebab, Davis adalah aset berharga Lakers untuk bisa mempertahankan gelar juara musim ini. (tor)

Foto: Lakers Daily

Komentar