IBL

Penggemar manga dan anime "Slam Dunk" tentu gembira dengan kabar ini. Sebab, sang kurator, Takehiko Inoue mengumumkan bahwa film layar lebar "Slam Dunk" bakal muncul lagi setelah 26 tahun. Bila jadi dirilis, maka ini adalah film kelima dari kisah Hanamichi Sakuragi tersebut.

"Slam Dunk" merupakan manga terlaris dalam sejarah dengan penjualan lebih dari 121 juta eksemplar di Jepang. Manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takehiko Inoue tersebut diproduksi dalam 31 volume, diterbitkan sejak 1 Oktober 1990 hingga 17 Juni 1996. Kepopuleran manga "Slam Dunk" membuat studio anime Toei Animation mengangkatnya ke layar kaca. Anime "Slam Dunk" dibuat 101 episode dengan durasi 23 menit per episode. Tayang mulai 16 Oktober 1993 hingga 23 Maret 1996.

Tetapi seperti kebiasaan produsen anime di Jepang, setiap judul pasti punya beberapa film layar lebar. Sama seperti serial-serial Tokusatsu, yaitu Super Sentai dan Kamen Rider. Di tengah penayangannya, pasti ada satu cerita yang dibuat panjang, dan ditayangkan di layar lebar.

"Slam Dunk" the movie pertama muncul pada 12 Maret 1994. Tidak ada judul spesifik dalam film berdurasi 30 menit tersebut. Ceritanya tentang Sakuragi dan tim Shohoku yang berhadapan dengan Oda dan tim sekolah menengah Takezono. Oda merupakan pebasket yang pernah satu almamater dengan Sakuragi di bangku SMP.

Film layar lebar kedua dirilis 20 Agustus 1994. Film kedua ini berjudul "Slam Dunk: Zenkoku Seiha Da! - Sakuragi Hanamichi". Latar belakang film kedua ini adalah Inter High Champhionship. Dalam film berdurasi 45 menit tersebut diselipkan kisah percintaan Sakuragi dan Haruko, dengan Nango sebagai orang ketiga. Sementara untuk puncaknya, ada pertandingan antara Shohoku dan Tsukubu.

Kemudian film ketiga hadir dengan judul "Slam Dunk: Shouhoku Saidai no Kiki! Moero Sakuragi Hanamichi". Film tersebut berdurasi 40 menit, dan dirilis pada 4 Maret 1995. Ceritanya tentang membangkitkan motivasi pemain. Kali ini setelah kalah melawan SMA Kainan, Shohoku ditantang untuk mengikuti pertandingan bola basket oleh Ryoukufu High. Pelatih Anzai melihat itu sebagai kesempatan baginya untuk membangkitkan kepercayaan diri pemain. Ternyata Ryoukufu bukan tim sembarangan, karena mereka punya pemain yang hebat.

Film layar lebar terakhir, atau yang keempat dirilis 15 Juli 1995. Judulnya "Slam Dunk: Hoero Basketman-damashii! Hanamichi to Rukawa no Atsuki Natsu". Film keempat berdurasi 40 menit ini mengisahkan tentang Hanimichi Sakuragi yang membantu Ichiro Mizusawa. Seorang pemain dari SMP Tomigoaka. Hanamichi berusaha mewujudkan mimpi Ichiro yang ingin bermain untuk yang terakhir kalinya dengan Rukawa, sebelum dirinya pensiun dari basket, karena kakinya cedera.

Kabar tentang pembuatan film layar lebar "Slam Dunk" yang baru, diumumkan oleh Takehiro Inoue dalam akun twitter pribadinya. Ternyata pihak Toei Animation sendiri sudah membuat website untuk film tersebut. Namun dalam laman situs slamdunk-movie.jp tersebut belum ada informasi yang detail mengenai film barunya.

"Slam Dunk" merupakan manga terlaris sepanjang masa, dan punya penggemar fanatik. Menurut ABS-CBN, dari survey yang dilakukan stasiun TV di Jepang, "Slam Dunk" adalah manga ketiga yang paling laris. Dua manga yang mendudui peringkat teratas yaitu "Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba" dan "One Piece". (tor)

Foto: slamdunk-movie.jp

Komentar