IBL

Indonesian Basketball League (IBL) 2021 akan bergulir pada 15 Januari 2021. Tepat 15 hari sebelum pelaksanaan musim baru, liga merilis roster 12 tim yang akan bertanding. Tahun ini IBL tidak memakai pemain asing karena situasi pandemi Covid-19. Tetapi banyak pemain-pemain veteran yang kembali tampil setelah sempat pensiun dari basket profesional.

Liga musim ini diikuti 12 tim. Mereka yang merupakan tim peserta musim lalu adalah Amartha Hangtuah, Bank BPD DIY Bima Perkasa, Louvre Dewa United Surabaya, Pacific Caesar Surabaya, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Prawira Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, Satya Wacana Salatiga, NSH Montain Gold Timika serta Indonesia Patriots, tim yang menjadi program pemusatan latihan timnas muda Indonesia. Ditambah lagi, dua tim baru peserta liga yaitu West Bandits Solo dan Bali United Basketball.

Ada beberapa hal yang perlu dicermati dari roster musim ini. Pertama tentang transfer pemain. Meski sudah lazim terjadi di jeda kompetisi, tetapi transfer pemain IBL jelang musim 2021 semakin menarik, mengingat mayoritas pemain di liga habis masa kontraknya. Perpindahan tersebut menjadi dinamika tersendiri musim ini.

Hal menarik yang harus diperhatikan berikutnya adalah tentang kembalinya pemain Indonesia Patriots (kecuali Brandon Jawato dan Lester Prosper) ke klub kontestan liga. Mereka dulunya dikumpulkan di tim Indonesia Patriots. Tetapi sekarang ada yang kembali ke klubnya, tapi ada pula yang pindah klub. Tetapi dari 12 nama pemain Indonesia Patriots di IBL 2020, hanya Kaleb Ramot Gemilang yang tidak tampil di IBL 2021. Kabarnya, dia masih fokus pemulihan cedera.

Faktor ketiga yang menjadikan roster ini semakin menarik adalah kembalinya pemain-pemain veteran. Karena liga tidak menggunakan jasa pemain asing, maka pemain veteran merasa bahwa mereka masih bisa bersaing. Selain itu, kondisi pandemi Covid-19 membuat jadwal liga dipadatkan, hanya berlangsung tiga bulan saja. Ini juga jadi salah satu alasan pemain senior atau yang sudah pensiun mau kembali bertanding.

Lalu yang terakhir adalah tentang pemain naturalisasi. Ada dua nama pemain naturalisasi yang sudah mendapatkan izin dari PP Perbasi untuk bermain di liga. Mereka adalah Jamarr Andre Johnson dan Ebrahim Enguio Lopez. Akhirnya semua bisa mengetahui mereka akan tampil bersama klub mana.

Musim reguler IBL 2021 akan menggunakan sistem divisi (grup). Setiap divisi berisi enam tim. Sesama penghuni divisi akan bertemu dua kali, dan bertanding melawan tim dari divisi yang berbeda satu kali. 

Baca Juga: Mekanisme Pembagian Divisi di IBL 2021

Berikut Roster Lengkap IBL 2021:

(tor)

Foto: IBL Indonesia

 

Komentar