IBL

Kelly Oubre Jr. sudah menjadi pemain inti Golden State Warriors dalam tiga pertandingan di awal musim 2020-2021. Walau begitu, penampilannya masih di bawah ekspektasi penggemar Warriors. Oubre yang dikenal memiliki akurasi tembakan tripoin di atas 30 persen per musim, justru belum memasukkan satu pun tripoin dalam tiga gim tersebut. Kepala pelatih Warriors, Steve Kerr menganggap ini sesuatu yang wajar.

Oubre dalam tiga pertandingan Warriors, baru mencetak 17 poin. Secara keseluruhan, akurasi tembakannya hanya sebesar 17 persen (14 dari 40 percobaan). Sementara khusus untuk tripoin, Oubre belum memasukkan satu pun tripoin (0 dari 17 percobaan).

Oubre menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang mencetak 0 untuk 17 (atau lebih buruk) dari tripoin dalam tiga pertandingan pertama musim ini. Sebelumnya, ada Allen Iverson di tahun 2002 yang mencatatkan akurasi tripoin 0 dari 13 di tiga gim pertamanya. Bahkan Iverson baru mencetak tripoin di gim ketujuh.

"Kesulitan menembak yang dialami Kelly saat ini tidak terlalu mengejutkan, dan saya tahu itu akan membaik seiring waktu berjalan," kata pelatih Warriors, Steve Kerr, dalam wawancara dengan NBC Sports usai pertandingan Minggu malam. "Setiap kali saya pergi ke tim baru dalam karir saya, sangat sulit untuk menemukan kenyamanan dalam tembakan saya di awal musim."

Pernyataan Steve Kerr memang berdasarkan pengalaman pribadinya. Kerr yang memenangkan lima gelar NBA sebagai pemain, pernah mengalami hal serupa. Pada tahun 1989, saat bermain di NBA bersama Cleveland Cavaliers, dia mencetak 38 persen tripoin di tujuh gim pertama. Kemudian Kerr pindah ke Orlando Magic di musim 1992-1993. Dalam 34 pertandingan bersama Magic, Kerr hanya mencetak 19 persen tripoin. Bahkan, saat Kerr bergabung dengan Michael Jordan di Chicago Bulls tahun 1993, dia hanya mencetak 7 dari 23 percobaan tripoin di awal musim. Menurut pandangan Kerr, tahun pertama akan sulit bagi seorang penembak jitu menemukan titik yang nyaman untuk melepaskan tembakan.

Kerr tampaknya sudah punya solusi menghadapi situasi tersebut. Beberapa pemain lini kedua sekarang sudah berkembang. Contohnya Damion Lee yang berani mengambil peran sebagai penembak terakhir di gim melawan Chicago Bulls, Minggu malam. Kerr  percaya bahwa akurasi tembakan Stephen Curry dan Kelly Oubre Jr. perlahan-lahan akan membaik. (tor)

Foto: Hoops Habit

Komentar