IBL

Luka Doncic mencetak 32 poin di gim pertama musim ini, Rabu malam, waktu setempat. Tetapi Dallas Mavericks kalah 102-106 dari Phoenix Suns. Meski penampilannya sudah bagus, Doncic tetap menilai ada yang salah dari dirinya. Dia bertanggung jawab atas kekalahan tersebut. Doncic akan memperbaikinya di gim melawan Los Angeles Lakers, tepat di hari Natal, 25 Desember waktu Amerika Serikat.

Dalam wawancara usai pertandingan, Doncic menyesalkan penampilan buruk, khususnya di kuarter pertama. Akurasi tembakannya buruk. Doncic membuang kesempatan enam kali open-shot di kuarter pertama. Sementara di bawah keranjang, Doncic melakukan kesalahan sendiri. Dia tidak memasukkan lay-up, dan tidak memberikan bola kepada rekannya yang sedang berdiri bebas tanpa penjagaan. Meski pada akhirnya Doncic bisa mencetak 32 poin, delapan rebound, dan lima asis, namun ia tetap menyesalkan enam tripoin yang gagal di kuarter pertama.

"Kekalahan ini karena saya. Tembakan saya buruk. Ini tidak baik untuk saya dan tim. Saya arus mengubahnya," kata Doncic, dikutip dari ESPN. "Jelas saya ingin menang di setiap gim. Apalagi di gim pertama kami."

Doncic masih jadi favorit peraih MVP musim ini, selain Giannis Antetokounmpo dan Anthony Davis. Tapi sayangnya, tim Dallas Mavericks bukan favorit juara. Faktor penghalangnya bukan performa Doncic, melainkan masalah kesehatan yang terus menerus menghampiri Kristaps Porzingis. Mavs harus segera mencari tandem baru untuk Doncic.

Meski kalah di gim pertama, kepala pelatih Mavericks, Rick Carlisle tetap memuji penampilan Doncic. Carlisle tahu bahwa Doncic sedang mencoba gaya bermain yang baru. Doncic tidak ingin permainannya monoton dan bisa ditebak oleh lawan. Tetapi ada kalanya perubahan tersebut tidak berjalan dengan baik.

"Doncic ingin menjadi pemain yang sulit ditebak oleh lawan. Jangankan lawan, dia bahkan tidak ingin kamera televisi bisa menebak gerakannya," kata Carlisle.

Gim berikutnya, Mavericks akan berhadapan dengan Lakers, tepat pada perayaan Natal 2020. Ini pertandingan penting bagi Doncic, khususnya menyangkut pembicaraan tentang sepatu. Beberapa waktu lalu, LeBron James mengatakan bahwa dirinya ingin Luka Doncic bisa bergabung dengan Nike dan membuat sepatu khas pertamanya. Doncic merasa tersanjung dengan komentar tersebut. Sayangnya, Doncic sudah menjadi anggota keluarga besar Air Jordan sejak tahun lalu. Jadi, sebelum gim dimulai, Doncic ingin menemui LeBron James untuk menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus meminta maaf karena tidak bisa bergabung dengan Nike. (tor)

Foto: The Smoking Cuban

Komentar