IBL

NBA membuat aturan baru menyangkut pakaian pelatih untuk musim 2020-2021. Kali ini, semua pelatih wajib memakai masker selama memimpin tim di pertandingan. Jaket olahraga dan jas tidak boleh dikenakan. Selain itu, para pelatih juga tidak bisa memakai kemeja lengan pendek seperti di "gelembung" Orlando.

Pada lanjutan NBA di Walt Disney World Resorts, Orlando, bulan Juli hingga Oktober 2020 lalu, para pelatih NBA dibebaskan dalam gaya berpakaian. Mereka boleh mengenakan pakaian bebas dan rapi. Akhirnya muncul gaya berpakaian yang unik. Beberapa pelatih mengenakan kemeja lengan pendek, jaket olahraga, hingga kaus polo. Mereka tidak lagi menggunakan setelan jas yang biasa dipakai untuk memimpin tim bertanding sebelum pandemi Covid-19.

Kali ini NBA membuat aturan baru menyangkut gaya berpakaian para pelatih. Salinan aturan baru ini diterima Associated Press pada hari Minggu, 6 Desember waktu setempat. Dalam aturan baru ini, para pelatih boleh memakai kemeja, celana, kaus kaki, dan sepatu. Tidak disebutkan aturan baku, hanya saja untuk kemeja tidak boleh lengan pendek. Tetapi ada pengecualian untuk kaus polo yang dibuat khusus untuk tim tersebut. Kaus polo boleh dipakai asal disetujui oleh NBA, dan semua staf pelatih memakai seragam yang sama.

Dari semua aturan berpakaian untuk pelatih, NBA menekankan bahwa kewajiban semua staf pelatih adalah memakai masker. Keputusan tersebut dibuat dengan mempertimbangkan keselamatan semua yang terlibat di pertandingan. Orang yang tidak wajib memakai masker selama pertandingan hanya pemain saja. Presiden Asosiasi Pelatih NBA (NBCA) yang sekaligus kepala pelatih Dallas Mavericks, Rick Carlisle, mengharapkan para pelatih bisa menyadari aturan baru ini dan segera beradaptasi.

"NBA selalu menjadi bisnis yang dinamis, dan tantangan yang dihadapi ke depan bukan hanya soal bisnis saja, melainkan keselamatan semua orang dari penularan virus Covid-19. Saya harap semua pelatih mampu beradaptasi dengan aturan-aturan baru," kata Carlisle, seperti dilansir Associated Press.

Carlisle juga mengingatkan para pelatih untuk tetap memakai masker, karena itu perisai nomor satu. Lalu yang kedua tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Pada lanjutan liga di "gelembung" Orlando, ada tiga pelatih yang selalu memakai masker ketika memimpin pertandingan. Mereka adalah Gregg Popovich, Mike D'Antoni dan Alvin Gentry. Ketiganya berusia di atas 60 tahun. Namun untuk musim depan, semua pelatih wajib memakai masker, berapa pun usianya. (tor)

Foto: twitter/mavericks

Komentar