IBL

Pertarungan dua legenda tinju profesional Mike Tyson dan Roy Jones Jr. akan digelar Sabtu, 28 Agustus waktu Amerika Serikat, di Staples Center, Los Angeles. Sebagai partai eksibisi, akan hadir pertarungan legenda NBA, Nate Robinson, melawan YouTuber Jake Paul. Robinson lebih diunggulkan dalam pertarungan enam ronde tersebut.

Paul sudah pernah naik ring pada bulan Januari lalu. Dia sukses menumbangkan AnEsonGib dengan kemenangan TKO. Tapi sebenarnya, dia sendiri pernah bertarung di tinju amatir melawan Logan, saudaranya sendiri, pada tahun 2018 silam. Sebaliknya, Robinson baru pertama kali naik ring. Dia adalah pensiunan NBA 11 musim dengan tiga gelar Slam Dunk Contest sepanjang kariernya. Robinson pensiun pada tahun 2015 lalu.

"Saat pertama kali saya melakukan sparring, itu membuka mata saya betapa lelahnya bertinju," kata Robinson, seperti dikutip dari CBSSports. "Tapi inilah yang dilakukan Floyd Mayweather, Muhammad Ali, bahkan Mike Tyson. Seorang petunju harus dalam keadaan yang sangat prima. Berbeda dengan bola basket, sepak bola, dan lari."

Nate Loop dari Bleacher Report menulis bahwa Robinson saat ini lebih diunggulkan. Meski ada beberapa perbedaan yang nyatanya membuat Jake Paul mendapatkan kemenangan kedua. Faktor pertamanya yaitu usia. Paul lebih muda dari Robinson. Paul kini berusia 23 tahun dan Robinson berumur 36 tahun. Soal tinggi badan juga sudah jelas. Tinggi Nate Robinson 1,75 meter, sedangkan Paul 1,85 meter. Beda 10 sentimeter.

Sementara, Paul punya ambisi besar di pertarungan kali ini. Bila dirinya bisa menumbangkan Nate Robinson, maka selanjutnya Paul akan menantang Connor McGregor. Juara UFC yang mengumumkan pensiun di usia 31 tahun pada bulan Juni 2020 lalu. Paul menantang McGregor di arena tinju yang menjadi kelemahannya. Sebab, McGregor punya rekor 0-1 di tinju profesional saat kalah dari Floyd Mayweather Jr. pada 26 Agustus 2017.

Robinson tampaknya menanggapi pertarungan ini dengan sangat serius dan tidak berpuas diri sebagai atlet profesional. Dia tahu tinju membutuhkan seperangkat keterampilan dan fisik yang sangat berbeda dari pada pemain bola basket atau sepak bola.

"Ini merupakan tantangan belajar bagaimana bernapas dan bertarung saat Anda lelah," kata Robinson, menurut Eric Woodyard dari ESPN.com.

Pertarungan tinju profesional legendaris tersebut akan ditayangkan di TysonOnTriller.com dan FITE TV dengan biaya AS$49,99 per sekali tayang. (tor)

Statistik yang ditampilkan dari The Sun

Foto: The Denver Post

Komentar