IBL

Pertarungan tinju profesional antara mantan bintang NBA, Nate Robinson melawan YouTuber Jake Paul seharusnya berlangsung pada 12 September 2020 lalu. Namun, laga ini dijadwalkan ulang pada 28 November 2020 mendatang. Laga Robinson kontra Paul ini menjadi partai tambahan dalam pertemuan akbar antara Mike Tyson melawan Roy Jones Jr.. Mundurnya jadwal tersebut membuat Nate Robinson punya waktu persiapan lebih lama. Sehingga fisik dan tekniknya semakin matang.

Baca Juga: Nate Robinson Naik Ring di Laga Eksibisi Mike Tyson Vs. Roy Jones Jr.

Seperti dilansir ESPN, Nate Robinson sudah menjalani kamp pelatihan sejak akhir Agustus lalu. Ada dua pelatih yang mendampinginya, yaitu Chris Denina sebagai pelatih fisik dan kondisi tubuh, serta pelatih tinju Francisco "Paco" Reyes dari sasana tinju Tenochititlan, di Renton, Washington. Nate berlatih bersama Denina di pagi hari, dan malam harinya di mengasah teknik bertinju bersama Paco Reyes.

Mantan pemain basket yang kini berusia 36 tahun tersebut tidak punya pengalaman bertinju sebelumnya. Pengakuan itu disampaikan Robinson kepada ESPN. Oleh sebab itu, Robinson harus waspada, mengingat Jake Paul pernah bertarung di ring tinju profesional sebelumnya. Paul punya rekor pertandingan 1-0 dengan 1 kali menang KO. Jadi Nate harus berhati-hati dengan pukulannya.

"Latihan tinju benar-benar brutal. Saya bangun lebih awal dari biasanya. Berlari enam sampai tujuh mil. Ini sesuatu yang belum pernah saya lakukan seumur hidup. Tapi saya bersyukur karena di usia 36 tahun, latihan ini membuat saya merasa kembali muda," kata Robinson dikutip dari ESPN.

Juara NBA Slam Dunk Contest tiga kali itu pernah datang ke Indonesia pada 22-27 Juli 2011, memenuhi undangan PT DBL Indonesia. Pada 23 Juli, dia menghadiri final Honda DBL 2011 seri Jawa Timur di DBL Arena Surabaya. Di ajang itu, Robinson menonton pertandingan final kategori putra dan putri, menjadi juri kontes slam dunk yang melibatkan pemain-pemain NBL Indonesia, serta memberi hadiah kepada para juara. Robinson bersama pelatih NBL Australia sempat melatih lebih dari 200 pemain SMA pilihan di DBL Camp 2011.

Robinson mengaku sudah menjadi penggemar tinju sejak kecil. Ayah Nate, Jacque Robinson, memperkenalkan putranya ke tinju melalui Muhammad Ali. Di halaman belakang rumahnya, Nate memiliki samsak dan sarung tinju.

"Setidaknya kalian tahu cara bertarung, dan kalian tahu cara melindungi diri sendiri," kata Nate, menirukan pesan ayahnya. "Saya telah menjadi penggemar tinju sepanjang hidup saya. Saya dan saudara saya, biasa berlatih tinju di halaman belakang bersama ayah saya. Jadi, ini bukan hal baru."

Sejak musim terakhirnya di NBA pada 2015-2016, Nate Robinson bermain di BIG3, G-League, Liga Basket Israel, dan Liga Profesional Venezuela. Sebenarnya Robinson akan bermain di Lebanon pada 2018 lalu, tetapi cedera yang membuatnya batal tampil. Robinson akhirnya setuju naik ring tinju setelah manajernya, Napoleon "Polo" Kerber, bertemu Jake Paul dalam sebuah acara. Mereka sepakat untuk ikut meramaikan tinju profesional.

Pertarungan Nate Robinson melawan Jake Paul akan berlangsung enam ronde. Mereka menjadi laga pembuka pertemuan dua legenda tinju dunia, Mike Tyson melawan Roy Jones Jr.. Partai utama dua petinju berusia di atas 50 tahun ini akan berlangsung delapan ronde. Menurut laporan RingTV.com, laga tersebut sudah mendapatkan izin dari California State Athletic Commison, dan akan berlangsung di Dignity Health Sports Park, California. (tor)

Foto: afisfullofbolts.com

Komentar