IBL

Penggemar LA Clippers langsung semringah setelah tim kesayangannya mendapatkan Serge Ibaka. Sebelumnya, Clippers kehilangan Montrezl Harrell yang hengkang Los Angeles Lakers. Ibaka akan memperkuat pertahanan Clippers yang kini diasuh oleh Tyronn Lue.

Pergerakan pemain bigman di jeda musim ini makin menarik. Ketika kehilangan Dwight Howard yang kini merapat ke Philadelphia 76ers, maka Lakers membajak Montrezl Harrell dari Clippers. Satu hari setelahnya, pada Sabtu, 21 November waktu Amerika Serikat, Shams Charania dari The Athletic melaporkan bahwa Clippers mendapatkan Serge Ibaka dari Toronto Raptors. Tiga bigman tersebut, Howard, Harrell, dan Ibaka, memang jadi incaran kontestan liga pada bursa pemain "free agent" tahun ini.

Clippers jelas akan punya masalah di paint area saat Harrell pergi. Sebab, Harrell mampu menyumbang 18,6 poin dan 7,1 rebound di musim reguler 2019-2020. Namun, meski dirinya dinobatkan sebagai Sixth Man of The Year musim lalu, Clippers merasa bahwa Harrell bukan pemain yang mereka butuhkan untuk merebut gelar juara NBA.

Clippers butuh bigman yang berpengalaman, khususnya di babak playoff. Akhirnya pilihan tersebut jatuh pada Serge Ibaka, meski usianya sudah menginjak 31 tahun. Bersama Raptors musim lalu, Ibaka mencetak 15,4 poin dan 8,2 rebound di musim reguler. Namun catatan tersebut meningkat saat playoff dengan rata-rata 14,8 poin dan 7,7 rebound dalam 11 pertandingan. Fakta tersebut yang membuat Tyronn Lue akhirnya memilih Ibaka.

Bila ditinjau dari sisi manajemen, sebenarnya keduanya tidak memiliki perbedaan nilai kontrak yang signifikan. Harrell di Lakers menerima kontrak dua tahun senilai AS$18,9 juta. Sedangkan Ibaka dikontrak Clippers dua tahun dengan nilai AS$19 juta. Namun soal kedewasaan dalam bermain, Ibaka lebih baik ketimbang Harrell.

Ibaka akan melengkapi tim utama Clippers yang akan diiso oleh Patrick Beverly, Paul George, Marcus Morris, dan Kawhi Leonard. Clippers akan kembali merepotkan Lakers yang ingin mempertahankan gelar juara NBA.

Serge Ibaka adalah pemain keturunan Kongo - Spanyol yang mulai masuk NBA dari Draft 2007, dan dipilih oleh Seattle SuperSonics. Ibaka menjadi pemain Kongo pertama yang terpilih dari Draft NBA. Meski begitu, dia langsung bermain karena SuperSonics sedang merencanakan pindah ke Oklahoma, beberapa hari setelah draft. Akhirnya Ibaka baru bergabung dengan Oklahoma City Thunder pada musim 2009 hingga 2016. Ibaka pernah bermain untuk Orlando Magic satu musim (2016-2017), lalu pindah ke Toronto Raptors tiga musim (2017-2020). Ibaka meraih gelar juara NBA bersama Raptors di musim 2018-2019. (tor)

Foto: USA Today

Komentar