IBL

Atlanta Hawks mencanangkan target untuk lolos ke playoff di musim 2020 – 2021. Dengan berjejal deretan pemain muda, Hawks berusaha mendatangkan nama-nama veteran di jeda musim ini. Dan di hari pertama pembukaan pasar pemain bebas (free agency), Hawks menyepakati kontrak tiga tahun bernilai AS$61,5 juta dengan forwarda asal Italia yang musim lalu membela Oklahoma City Thunder, Danilo Gallinari. Kabar ini pertama kali disampaikan oleh ESPN.

Pemain yang akrab disapa Galo ini hanya bermain satu musim dengan Thunder dan berhasil lolos ke playoff. Galo merupakan bagian dari pertukaran besar-besaran Thunder dengan Los Angeles Clippers yang berujung pada perpindahan Paul George ke Clippers. Bermain 62 kali di musim reguler dengan seluruhnya menjadi pemain utama, Galo mencetak 18,7 poin, 5,2 rebound, dan 1,9 asis per gim dengan akurasi tripoin 40 persen.

(Baca juga: Nate McMillan Gabung Hawks untuk Bantu Trae Young Berkembang)

Di era modern dengan banyaknya tripoin seperti sekarang, pemain dengan seperti Galo berfungsi sebagai stretch four. Hal ini bisa dibilang berbeda cukup jauh dengan perjalanan karier Galo sebelum bersama Thunder. Kedatangan Galo di Hawks sendiri akan membuat Hawks memiliki susunan pemain dengan kemampuan menembak jitu yang sama baiknya. Trae Young, Kevin Huerter, De’Andre Hunter, Galo, dan John Collins. Di bangku cadangan, mereka juga masih punya Cam Reddish yang rasanya akan mendapat peran sebagai Sixthman.

Di sisi lain, kesepakatan Galo dengan Hawks ternyata juga menjadi kesepakatan bersejarah. Dilansir ESPN, kontrak Galo ini merupakan kontrak multitahun terbesar untuk pemain di usia lebih dari 30 tahun dan tanpa memiliki catatan bermain di All Star. Galo sendiri sudah berusia 32 tahun dan memang sama sekali belum pernah menjadi All Star selama bermain untuk New York Knicks, Denver Nuggets, Clippers, dan Thunder.

Galo diyakini bukanlah transaksi terkahir Hawks di pasar pemain bebas ini. Selain berusaha memberi perpanjangan kontrak untuk Collins, Hawks diyakini akan mencari veteran lain yang bisa mendorong tim ini melaju ke playoff mengingat bintang utama mereka, Trae Young, akan memasuki tahun ketiganya di NBA musim depan. Jika tak kunjung mendapatkan prestasi dan komposisi pemain mumpuni, bukan tidak mungkin Young akan menolak tawaran perpanjangan kontrak yang sudah mulai bisa ditawarkan musim depan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar