IBL

Pernyataan Danny Green tentang LeBron James yang absen di awal musim 2020-2021 tampaknya hanya akan jadi rumor belaka. Sebab, James tetap tampil sejak awal musim. Meski waktu istirahat jeda kompetisinya berkurang. James sadar bahwa liga musim depan harus dimulai secepatnya dengan berbagai pertimbangan.

LeBron James menyikapi hal ini dengan kedewasaan. Seperti yang diungkapkan oleh Brian Windhorst dari ESPN dalam acara SportsCenter. Ada kelompok pemain yang bersemangat bila liga dimulai 22 Desember, tetapi ada yang menolak bila NBA mengawali musim lebih cepat. James tidak di dua kubu tersebut. Tetapi bintang Los Angeles Lakers itu berpikir lebih dewasa. James tahu bahwa memulai kompetisi tanggal 22 Desember baik untuk bisnis NBA. Jadi sebagai pemain, dirinya harus mendukung keputusan tersebut.

James juga menunjukkan bahwa dirinya pemain profesional dengan mengatakan bahwa tidak akan absen di awal musim. Tetapi dalam tayangan "The Shop" yang ditayangkan saluran HBO pada 30 Oktober lalu, James berjanji kepada Barrack Obama, dirinya akan memberikan peran lebih banyak pada Anthony Davis. Pernyataan ini tampaknya akan terbukti di awal musim 2020-2021. Meski James tampil di pertandingan, tapi Davis yang memikul tanggung jawab atas tim Lakers.

James merasa bahwa absen di awal musim justru berpengaruh pada pendapatan liga. Padahal liga saat ini butuh pemasukan lebih banyak untuk menutup kerugian. Sebab, bila liga punya finansial yang baik, maka pemain juga diuntungkan. Mereka bisa tetap bermain dan mendapatkan penghasilan.

Windhorst menjelaskan, James bisa saja berhenti bermain musim ini. Meninggalkan timnya sementara waktu dan hidup dengan uang hasil penjualan sepatunya. Dia bisa saja tidak bermain dengan alasan lonjakan penularan virus korona. Tetapi James tidak melihat itu sebagai solusi terbaik untuk masa depan liga. James berpikir bahwa di luar sana, masih banyak pemain yang hidupnya bergantung hanya dari kontrak per musim. Bila liga tidak sehat, mereka juga tidak punya penghasilan maksimal.

Pada intinya, James tidak seperti yang digambarkan oleh Danny Green. Meski ada pemain yang tidak mau tampil di awal musim karena sedang beristirahat, James tetap muncul di pertandingan. Walau pun menit bermainnya tidak sebanyak biasanya. (tor)

Foto: DraftKings Nation

Komentar