IBL

NBA Draft 2020 semakin mendekat, isu-isu mengenai pemain-pemain baru yang akan menghiasi NBA juga terus menghangat. Spekulasi mengenai apa yang akan dilakukan tim-tim utamanya yang memiliki hak memilih di urutan atas juga menjadi pembahasan yang tiada henti. Terlebih lagi, untuk gelaran tahun ini Golden State Warriors mendapatkan hak memilih kedua.

Ya, keputusan Warriors melepas musim 2019 – 2020 membuat mereka mendapatkan hak memilih tersebut. Dengan skuat yang kini sudah sehat total, Warriors seolah mendapatkan durian runtuh dengan hak memilih ini. Hak memilih ini membuat mereka bisa lebih fleksibel dalam membentuk tim. Warriors bisa menukarnya untuk pemain lain, hak memilih yang lebih rendah tapi lebih dari satu, atau bahkan keduanya.

Isu yang berkembang belakangan ini menyebutkan manajemen Warriors telah jatuh hati pada salah satu pemain di daftar draft asal Israel, Deni Avdija. Selain karena Warriors telah memantau Avdija sejak jauh-jauh hari, pertemuan manajemen dengan Avdija di latihan bersama NBA yang digelar di Atlanta dikabarkan membuat mereka semakin jatuh hati.

(Baca juga: Mengulas Tiga Talenta Muda Eropa di NBA Draft 2020)

Kabar baiknya, gayung bersambut. Laporan The Athletic menyebutkan bahwa Avdija sendiri juga berharap Warriors memilihnya di malam draft nanti. Laiknya para penikmat NBA lainnya, Avdija masih melihat Warriors sebagai organisasi yang glamor dan penuh gelar juara, utamanya dalam satu dekade terakhir. Hal ini membuatnya ingin merasakan atmosfer tersebut secara langsung.

Pun demikian, memilih Avdija bukanlah perkara mudah bagi Warriors. Seperti diketahui bersama, dalam NBA Draft, kerap ada penggiringan opini bahwa seorang pemain seharusnya terpilih di urutan ke sekian atau semacamnya. Hal ini pula yang terjadi di Avdija, tidak ada yang menilai bahwa dirinya layak terpilih di tiga besar. Namun, semuanya juga percaya bahwa Avdija tidak seharusnya terpilih lebih dari 10 besar.

Kondisi ini biasanya akan membuat tim melakukan pertukaran hak memilih. Ambil contoh Luka Doncic dan Trae Young yang membuat Atlanta Hawks melakukan pertukaran dengan Dallas Mavericks. Namun, kondisi ini bisa menjadi bumerang jika tim lain di antara hak memilih kedua tim ternyata memilih pemain yang diincar.

Risiko ini terbuka untuk Warriors. Tim yang memiliki hak memilih pertama, Minnesota Timberwolves, sejauh ini masih kebingungan memilih siapa. Tiga nama yang diprediksi terpilih pertama, LaMelo Ball, Anthony Edwards, dan James Wiseman bukanlah pemain yang mereka butuhkan. Timberwolves sudah punya D’Angelo Russell dan Karl-Anthony Towns untuk posisi itu. Sebaliknya, Avdija yang berposisi forwarda tapi dengan kemampuan menembak jarak jauh yang baik rasanya juga sangat cocok masuk ke Timberwolves. Jadi, mari kita tunggu apa yang akan dilakukan Warriors untuk mendapatkan Avdija yang sudah menanti mereka. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar