IBL

Soal tanggal dimulainya NBA musim 2020-2021 masih dalam perdebatan. Tetapi semua pihak, NBA dan NBPA, sepakat bahwa batas waktu negosiasi di tanggal 6 November mendatang. Artinya, minggu ini NBA akan memutuskan kapan dimulainya musim baru. Sementara itu, komisaris NBA Adam Silver mengatakan bahwa rapid test Covid-19 bisa jadi solusi bagi penonton NBA musim depan.

Dalam sebuah wawancara dengan San Francisco Chronicle pada hari Senin, 2 November waktu setempat, Adam Silver mengatakan bahwa penonton kemungkinan besar bisa hadir ke arena pertandingan. Salah satu caranya dengan menunjukkan hasil rapid test Covid-19.

"Mungkin dengan memberikan rapid test Covid-19 kepada penonton yang membayar, bisa jadi solusi. Ada kemajuan soal tes cepat yang sekarang dipakai. Ada pula manfaat yang bisa dirasakan, yaitu bisa melakukan pengujian secara besar-besaran," kata Silver.

Liga sudah mengeluarkan uang yang besar untuk membuat "gelembung" NBA. Di situ, liga juga melakukan tes cepat setiap hari. Buktinya, selama lanjutan NBA hingga final, para pemain terbukti aman dari penularan virus korona.

Tetapi Adam Silver masih menimbang beberapa hal. Seperti berapa harga tes tersebut, lalu siapa yang akan dibebani biayanya. Karena penonton akan keberatan bila harga tiketnya dinaikkan. Lalu masalah lain, semua pemain harus setuju bahwa penonton hadir di arena. Ini terkait masalah keamanan dan kenyamanan pemain. Sebab, ada beberapa pemain yang masih merasa khawatir ketika berkumpul dengan orang yang tidak mereka kenal.

Silver menambahkan, semua pemilik tim NBA ingin kembali menjual tiket pertandingan. Ini untuk menambah pendapatan klub. Tetapi untuk saat ini, Silver masih berpedoman bahwa semua pertandingan musim 2020-2021 tanpa penonton. Meski hal tersebut juga bisa membuat liga mengalami kerugian. Bila ada perkembangan terkait virus Covid-19, maka akan ada kebijakan baru dari liga. (tor)

Foto: NBA

Komentar