IBL

Badan Tim Nasional (BTN) PP Perbasi membuat program Timnas Muda yang dipimpin oleh Andy "Batam" Poedjakesuma. Sebagai langkah awal, Timnas Muda sudah memilih jajaran pelatih. Kini ada 57 pemain muda dari seluruh Indonesia yang akan diseleksi.

57 pemain tersebut masuk kategori U-23 atau di bawah usia 23 tahun. Mereka terpantau dari beberapa kompetisi di tanah air seperti Developmental Basketball League (DBL), Liga Mahasiswa (LIMA), hingga Indonesian Basketball League (IBL). Karena dari nama-nama yang dipanggil terdapat pula ruki IBL 2020, seperti Tifan Eka Pradita (Bank BPD DIY Bima Perkasa), Dio Tirta Saputra (Louvre Surabaya), serta Antoni Erga dan Alexander Franklin (Satya Wacana Salatiga).

Beberapa pemain juga pernah berlatih bersama dengan Timnas Indonesia senior seperti Derrick Michael dan Ali Bagir Wayarabi Alhadar (DKI Jakarta), Yudha Saputera (Jawa Barat) dan M. Arighi (Kalimantan Selatan). Para pemain yang ikut seleksi tersebut berasal dari 15 provinsi di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Papua.

"Kami memanggil para pemain muda terbaik dari seluruh Indonesia. Kami ingin, tim ini nanti bisa berlaga di kompetisi profesional. Tujuannya agar jam terbang dan kemampuan bermain mereka bisa segera menyusul seniornya," kata Andy Poedjakesuma, selaku manajer pelaksana.

Timnas Muda Indonesia ini diasuh oleh kepala pelatih Youbel Sondakh, yang didampingi oleh Andrie Ekayana Satrya Santosa dan Koko Heru Setyo Nugroho. Untuk sistem promosi dan degradasi dari seleksi ini belum ditentukan. Andy Batam dan timnya, sampai hari ini masih mencari formula yang tepat tentang sistem seleksi, dan waktu yang efektif untuk melakukan seleksi tersebut.

"Nanti akan kami update perkembangannya. Hari ini, kami masih melakukan finalisasi untuk sistem seleksinya. Semoga segera bisa kami umumkan," kata Andy Batam, Selasa, 13 Oktober waktu setempat.

Berikut Daftar Lengkap Pemain Seleksi Timnas Muda Indonesia:

(tor)

Foto: Dika Kawengian

Komentar