IBL

Meski tidak punya dampak besar di tim, setidaknya JR Smith bisa menunjukkan kepada pemain Los Angeles Lakers cara merayakan gelar juara NBA. Sementara itu, JaVale McGee menyindir Giannis Antetokounmpo bahwa adiknya yang justru mendapatkan cincin juara NBA. Semua cerita itu ada dalam pesta perayaan Lakers.

Waktu pertandingan Gim 6 Final NBA 2020 antara Lakers melawan Miami Heat masih menunjukkan sisa 15 detik. Bangku cadangan Lakers sudah bergemuruh. LeBron James berpelukan dengan Anthony Davis. Para ofisial sudah membagikan kaus dan topi bertuliskan "Champions" kepada semua anggota tim. Tetapi saat itu ada yang menarik. Dalam siaran langsung, Jeff Van Gundy, analis ESPN selaku komentator pertandingan mengatakan," Ah, JR Smith sudah melepas kaosnya."

Smith melakukan hal yang sama seperti empat tahun lalu, saat dirinya menjadi juara NBA 2016 bersama Cleveland Cavaliers. Tahun ini Smith kembali melakukan aksi buka baju tersebut. Ternyata aksi ini mudah menular. Karena dalam wawancara usai pertandingan, tiga pemain Lakers membuka bajunya. Mereka adalah Kyle Kuzma, Alex Caruso, dan pemain veteran Dwight Howard.

Semua gerak-gerik JR Smith di perayaan juara ini jadi perhatikan publik. Ada juga yang lucu pada upacara penyerahan piala. Semula, semua pemain dan ofisial Lakers berdiri di sisi kanan trofi Larry O'Brien. Sedangkan di sisi kiri ada Adam Silver yang berpidato. Ternyata Silver tidak menyentuh pialanya, sampai akhirnya Jeanie Buss memerintahkan kepada pemain untuk mengambil trofi tersebut. Saat itulah JR Smith yang muncul dari sisi kanan, mengambil trofi, lalu memberikan pada Rajon Rondo. Kejadian tersebut sontak mengundang tawa komentator. Seperti dikutip dariĀ SB Nation, JR Smith tahu bahwa itu cara terbaik baginya untuk memegang trofi. Karena akan sulit melepasnya bila sudah berada di pelukan pemain-pemain Lakers.

Aksi tanpa baju juga pernah dilakukan JR Smith pada tahun 2016 silam. Dia merayakan keberhasilan Cleveland Cavaliers menjadi juara NBA untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Smith tidak memakai baju seminggu penuh. Bahkan mantan presiden Barrak Obama turun tangan untuk menyuruh Smith mengenakan bajunya.

Selain itu, suasana ruang ganti semakin meriah karena kehadiran JaVale McGee. Dia mendapatkan cincin juara ketiga sepanjang kariernya. Meski tidak seheboh JR Smith, McGee juga mencuri perhatian karena sindirannya kepada Giannis Antetokounmpo. Saat Kostas mendapat kesempatan berfoto dengan trofi Larry O'Brien, JaVale McGee mendekatinya sembari melakukan siaran langsung di Instagram.

McGee berkata, "Kalau Anda berbicara tentang 'Greek Freek', inilah orangnya." McGee mengarahkan kameranya ke Kostas Antetokounmpo. Kostas merupakan adik dari Giannis dan Tanassis Antetokounmpo yang bermain di Milwaukee Bucks. Meski hanya menjadi pemain cadangan, Kostas tetaplah bagian dari tim Lakers yang juara NBA 2020. Dia jadi anggota pertama dari keluarga Antetokounmpo yang mendapatkan cincin juara NBA.

Sementara itu, dilansir Associated Press, sebanyak 76 orang ditangkap dan lebih dari 30 gedung dan toko rusak ketika perayaan juara Lakers berubah jadi kerusuhan. Penyebab penangkapan tersebut karena vandalisme dan penyerangan terhadap seorang petugas polisi. Kabarnya, delapan petugas dirawat karena cedera dan tiga anggota kerumunan dibawa ke rumah sakit.

Walikota Los Angeles Eric Garcetti mengingatkan warganya untuk merayakan kemenangan Lakers di rumah saja.

"Harap diingat bahwa masih belum aman untuk berkumpul dalam kelompok," cuit walikota di akun Twitter-nya, mengacu pada pandemi virus korona yang sedang melanda dunia. (tor)

Foto: thescore.com, latimes.com

Komentar