IBL

Kyle Kuzma baru saja menjalani salah satu momen terbesar dalam hidupnya di usia 25 tahun. Kuzma menjadi anggota tim Los Angeles Lakers yang menjuarai NBA musim 2019-2020. Meski menerima banyak kritikan, faktanya Kuzma menjadi salah satu warga kebanggaan kota Flint.

Flint adalah sebua kota industri di Michigan, Amerika Serikat. Kota tersebut berpenduduk 124.943 jiwa (sensus penduduk tahun 2000). Musim ini, ada dua warga asli Flint yang membela Lakers yaitu Kuzma dan JaVale McGee. Bagi McGee, menjadi juara NBA mungkin bukan hal baru. Pemain berusia 32 tahun tersebut sudah pernah dua kali juara bersama Golden State Warriors (2017 dan 2018). Tetapi bagi Kuzma, ini merupakan gelar juara pertamanya.

Kuzma masuk NBA dipilih oleh Lakers dari putaran pertama Draft tahun 2017. Secara keseluruhan Kuzma adalah pilihan ke-27. Setelah tiga tahun bersama Lakers, Kuzma berhasil mendapatkan prestasi tertinggi. Ada yang bilang bahwa Kuzma disukai LeBron James. Buktinya, dia tidak ikut dikirim ke New Orleans Pelicans untuk ditukar dengan Anthony Davis. Saat itu, Lakers melepaskan Brandon Ingram, Josh Hart, dan bintang muda Lonzo Ball.

Kuzma tampil 61 pertandingan musim reguler 2019-2020 dengan catatan rata-rata 12,8 poin, 4,5 rebound, dan 1,3 asis per gim. Sementara itu, perannya meningkat saat memasuki playoff. Kuzma diturunkan dalam 21 pertandingan dengan rata-rata menit bermain 23 menit per gim. Sedangkan untuk catatan statistik rata-ratanya adalah 10,0 poin dan 3,1 rebound.

Saat tengah menikmati perayaan juara, Kuzma dipanggil untuk konferensi pers. Itu membuatnya kaget, dan dia muncul tanpa baju seperti Dwight Howard dan Alex Caruso. Kuzma juga tampak sedikit mabuk saat menjawab pertanyaan awak media.

"Hebat sekali rasanya bisa mencapai gelar ini. Oke, saya setengah mabuk karena sampanye. Jadi saya tidak yakin bagaimana bersikap saat ini," katanya dalam sesi wawancara.

Meski banyak kritikan ditujukan padanya, tentang permainan dan sikapnya, Kuzma tetap pemuda kebanggan Flint. Pada bulan Maret lalu, saat hiatus NBA, Kuzma kembali ke kampung halamannya. Bersama Flint YMCA, Kuzma menyediakan lebih dari 550 paket makanan per minggu untuk lansia yang terkena dampak pandemi covid-19.

Kuzma yang pernah bersekolah di Bentley High School juga selalu mengadakan kamp bola basket tiap musim panas. Kamp tersebut gratis bagi anak-anak Flint. Bahkan menurut Bill Oram dari The Athletic, Kuzma membelikan sepatu baru untuk semua pemain basket di Powers Catholic School, tempat kamp pelatihan tahun lalu. Kuzma juga pernah menggelar pesta gratis dengan makanan, mainan, dan banyak hadiah lainnya untuk 60 anak-anak setempat. (tor)

Foto: Kuzma

Komentar