IBL

Gim 2 final NBA 2020 antara Los Angeles Lakers dan Miami Heat jadi milik Lakers. Heat yang turun tanpa Goran Dragic dan Bam Adebayo sudah berupaya sekuat tenaga untuk membendung Lakers. Namun, penampilan apik duet LeBron James dan Anthony Davis seolah tak bisa dihentikan. Keduanya sekali lagi menjadi tokoh utama dalam kemenangan-kemenangan Lakers.

Namun, selain penampilan apik keduanya, gim 2 juga menghadirkan sebuah pemandangan menarik di bangku cadangan Heat. Di kuarter tiga, pemain paling veteran di Heat, Udonis Haslem, tampak marah-marah kepada rekan satu timnya. Haslem bahkan duduk di kursi pelatih dan memberikan ocehan panjang tanpa henti. Semua pemain Heat melihat ke arahnya dengan tatapan serius dan cukup tegang.

Pemandangan tersebut pun menyebar luas dan menjadi perbincangan di beberapa media sosial. LeBron yang pernah membela Heat dan meraih dua cincin juaranya bersama UD (sapaan Haslem) pun ikut angkat bicara mengenai ini.

“Saya sama sekali tak terkejut melihat apa yang UD lakukan dan respon pemain Heat. Anda bisa lihat resume bermainnya, semudah itu,” buka LeBron dilansir Miami Herald. “UD adalah pemain yang terus bekerja keras sepanjang kariernya. Ia telah melewati segalanya yang Heat --sebagai organisasi- lewati. Ia melihat semuanya, ia melakukan semuanya bersama Heat. Tidak banyak orang yang membicarakan tentang UD dan pencapainnya, tapi ia jelas adalah salah satu sosok penting di Heat. Jika Anda berada di posisi sulit dengan penuh tekanan, UD adalah orang yang ingin Anda bawa bersama.”

(Baca juga: Seragam Hitam Lakers Makin Keramat)

Seperti yang dibicarakan LeBron, UD memang layak disebut legenda Heat, bahkan mungkin legenda terbesar Heat, melebihi Dwyane Wade. Sejak masuk ke NBA pada 2003, UD selalu bersama dengan Heat. Atas dasar ini, ucapan LeBron mengenai UD jadi sangat masuk akal. Di masa-masa sulit, UD berada di sana. Pun demikian saat Heat berada di titik tertinggi dengan dua gelar juara beruntun, pemain asli Miami ini juga ada di sana.

Di usia 40 tahun, UD memang tak diharapkan bisa memberi dampak langsung di pertandingan. Erik Spoelstra jelas sama sekali tak berniat memainkan UD, bukan itu lagi perannya. Dengan deretan pengalaman yang ia punya, UD diharapkan bisa menjadi mentor untuk seluruh pemain yang ada dan seperti yang ia tunjukkan di gim 2 serta gim lawan Boston Celtics beberapa waktu lalu, UD diharapkan bisa menjadi api yang terus membakar semangat Heat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar