IBL

Anthony Davis memasukkan tembakan terakhir yang membuat Los Angeles Lakers menang 105-103 di gim kedua final Wilayah Barat, seminggu yang lalu. Setelah itu, dia melakukan hal hebat lagi pada gim kelimat dengan menghalau slam dunk Michael Porter Jr.. Momen-momen inilah yang membuat Anthony Davis menjadi pemain yang sangat berharga bagi perjalanan Lakers musim ini. Khususnya, setelah Lakers bisa masuk final NBA untuk pertama kalinya sejak 2010.

Davis mencetak "Mamba Shot" dan menjadi momen bersejarah bagi Lakers. Tapi "Mamba Moments" tidak harus selalu dramatis, komitmen untuk menang muncul setiap saat sepanjang permainan. Karena, Denver Nuggets masih bisa mengancam Lakers sebelum buzzer benar-benar berbunyi. Dan kehadiran Davis di saat-saat genting sangat berarti bagi Lakers.

Pada gim kelima, Davis berhasil menghalau slam dunk Michael Porter Jr.. Padahal bila dunk tersebut masuk, maka Nuggets punya momentum untuk bangkit. Berkat blok tersebut, Lakers mampu menjaga diri dari kejaran Nuggets.

Davis juga melakukan hal yang luar biasa di akhir kuarter ketiga. Di bawah satu menit kuarter ketiga, Nuggets menyamakan kedudukan menjadi 84-84. Lalu dengan satu detik waktu tersisa, Davis melepaskan tembakan tripoin yang membuat Lakers unggul 87-84.

Pada akhir kuarter keempat Davis dengan tenang berjalan dan mencari celah untuk menembak tripoin. Saat tembakan tersebut masuk, Davis mengangat tiga jari ke udara, sekaligus sebagai tanda bahwa perlawan Nuggets malam itu sudah berakhir.

"Mereka (Denver Nuggets) akan membuat lawan bekerja keras untuk mendapatkan kemenangan," kata Davis. "Mereka juga tidak pernah menyerah sebelum gim benar-benar berakhir."

Davis menyelesaikan gim kelima dengan mencetak 27 poin, 5 rebound, 3 asis, 2 steal, dan 1 blok yang istimewa. Dia menampilkan permainan dengan level yang berbeda di playoff musim ini.

"Rasanya menyenangkan," kata Davis, setelah pertandingan. "Kami tahu pekerjaannya belum selesai. Kami punya empat gim lagi untuk mencapai tujuan akhir."

Sejarah NBA mencatat ada tujuh pemain yang dalam kariernya bisa mencetak rata-rata minimal 24 poin dan 10 rebound, termasuk Davis. Tetapi hanya ada tiga pemain yang belum pernah mendapatkan cincin juara NBA, yaitu Karl Malone, Elgin Baylor, dan Anthony Davis. Tampaknya, Davis berniat menghapus catatan tersebut. Dia ingin mendapatkan cincin juara NBA bersama Lakers musim ini.

Davis akan berada di final NBA untuk pertama kali sepanjang kariernya. Bukan bersama New Orleans Pelicans, melainkan dengan Lakers, dan bermain di panggung yang dibangun untuk "Mamba Moments". Davis adalah pemain Lakers dengan torehan rata-rata 30 poin atau lebih, dan 50 persen akurasi tembakan di final konferensi sejak 1963. Catatan yang sama dengan Kareem Abdul-Jabbar, James Worthy, Shaquille O'Neal, dan Kobe Bryant.

Jika Davis benar-benar menginginkan tempat di puncak sejarah Lakers, maka dia sekarang akan mendapatkan kesempatan tersebut. (tor)

Foto: NBA

Komentar