IBL

Final Wilayah Timur sudah berlalu tiga gim dengan skor (2-1) untuk Miami Heat. Tiga gim tersebut memiliki banyak kesamaan. Boston Celtics selalu dominan di awal gim dan akhirnya berhasil menjaga keunggulan sampai akhir di gim 3. Sedangkan Miami Heat tampil solid saat bertahan, utamanya di paruh kedua yang membuat Celtics seolah kehilangan akal untuk menyerang.

Dalam tiga gim tersebut, satu nama bisa dibilang tampil mencuri perhatian dan ia adalah Bam Adebayo. Di dua gim terakhir, Bam selalu mencetak dobel-dobel. Dengan menjadi satu-satunya senter murni yang paling lama di lapangan, Bam memanfaatkan kondisi itu dengan meraup rebound sebanyak mungkin. Sementara di gim pembuka, kita tahu semua Bam jadi penentu kemenangan dengan blok super di tambahan waktu.

(Baca juga: Blok Bam Adebayo Amankan Gim Perdana Final Wilayah Timur untuk Heat)

Kehebatan Bam di tiga gim final Wilayah Timur ini tidak hanya dilihat oleh para penikmat NBA saja,. Kepala Pelatih Celtics, Brad Stevens, juga turut mengakui kehebatan Bam. Dalam wawancara virtual terbaru yang mempertemukan Brad dengan awak media, pelatih 43 tahun tersebut mengungkapkan pandangannya atas penampilan Bam.

“Bam benar-benar pemain yang sangat sulit dijaga,” buka Brad. “Ia memberikan banyak pilihan untuk Heat dalam menyerang lawan. Ia selalu membuat para pemain bertahan bertanya apakah ia harus bertahan menjaga Bam atau menjaga penembak jitu Heat. Bam bisa datang melakukan screen dengan sangat cepat. Ia dan juga Kelly Olynyk juga sangat bagus dalam pola handoff serta melakukan fake. Hal ini sangat menyulitkan lawan,” tutupnya.

Dalam tiga gim ini, Bam menorehkan rataan 22,0 poin, 10,7 rebound, dan 4,7 asis per gim selama 38,6 menit bermain. Ia juga memiliki akurasi keseluruhan di angka 59,5 persen. Hebatnya lagi, meski statusnya senter konvensional, Bam memiliki akurasi tembakan gratis yang masih lumayan, 72,7 persen. Hal ini membuat pelanggaran pun bukan pilihan yang baik untuk menghentikan Bam.

(Baca juga: Bam Adebayo Menuju Jajaran Elite Bigman Serbabisa)

Di gim 3 lalu, Bam mencetak 27 poin, 16 rebound, 3 steal, dan 2 blok. Catatan yang menunjukkan bahwa Celtics memang belum menemukan jawaban untuk menghentikan Bam. Dan jika ingin kembali meraih kemenangan di gim 4, rasanya Celtics bisa memulai upaya mereka dengan menghentikan laju Bam Adebayo. (DRMK)

Foto: NBA

 

 

Komentar