IBL

Los Angeles Lakers akan bertanding di Final Wilayah Barat untuk pertama kalinya sejak 2010. LeBron James menjadi aktor di balik kesuksesan Lakers. King James mengatakan bahwa inilah tujuan utamanya datang ke Lakers, yaitu mengembalikan kejayaan tim tersebut.

Di babak pertama Playoff NBA 2020, Lakers kalah di gim pertama dari Portland Trail Blazers. Mereka kemudian menang empat laga beruntun. Cerita yang sama terjadi ketika mereka menyelesaikan urusan dengan Houston Rockets di putaran kedua. Rockets mencuri perhatian dengan memenangkan gim pertama. Setelah itu mereka tidak berkutik di empat gim berikutnya. Lakers pun kembali tampil di Final Wilayah Barat untuk pertama kali sejak 2010. Dengan kata lain, sejak Kobe Bryant terakhir membawa Lakers juara NBA.

Baca Juga: Kandaskan Rockets, Lakers Akhiri Penantian 10 Tahun

Seperti yang diharapkan, LeBron James memimpin dan menyelesaikan gim kelima dengan mencetak 29 poin, 11 rebound, dan 7 asis dalam 30 menit di lapangan. Ini penampilan luar biasa dari LeBron James, dan sesuatu yang sudah biasa dilakukannya selama 17 tahun di NBA. Namun yang istimewa tentu adalah rekor-rekor yang dibuatnya.

James kini menyamai pencapaian Oscar Robertson sebagai pemain yang bisa mencetak lebih dari 250 poin, 100 rebound, dan 80 asis dalam 10 pertandingan di satu edisi playoff. Atau, dengan perhitungan statistik rata-rata 25 poin, 10 rebound, dan 8 asis. Sementara itu, LeBron James pada 10 pertandingan Playoff 2020 ini mencetak rata-rata 26,6 poin, 10,3 rebound, dan 8,8 asis per pertandingan. Akurasi total di kisaran 55 persen, tembakan tripoin 37 persen, dan tembakan gratis 72 persen.

James memang tidak mencetak angka-angka fantastis seperti yang dilakukan saat playoff bersama Cavaliers. Tetapi dirinya mampu bekerja sama dengan Anthony Davis untuk membawa Lakers mendominasi playoff. Davis sendiri saat ini mencetak 27,6 poin per gim di playoff.

"Ini adalah alasan utama saya ingin menjadi bagian dari Lakers. Saya ingin membawa mereka kembali ke tempat yang seharusnya mereka berada, yaitu persaingan memperebutkan gelar juara," kata James dalam wawancara usai pertandingan.

Keberhasilan Lakers menembus Final Wilayah Barat tahun ini mendapatkan apresiasi dari legenda Lakers yang sekaligus mantan Presiden Bola Basket, Magic Johnson. Dia mengundurkan diri pada 9 April 2019 dari jabatan tersebut dan memilih menjadi duta NBA.

Magic Johnson memuji permainan Lakers di gim kelima melawan Rockets. Dia menyebut bahwa starting five Lakers kali ini sangat dominan dengan kombinasi Kentavious Caldwell-Pope, Danny Green, Markieff Morris, Anthony Davis, dan LeBron James.

Johnson berharap LA Clippers bisa meraih hasil positif di semifinal. Karena mereka sudah unggul 3-2 dari Denver Nuggets. Johnson ingin Final Wilayah Barat mempertemukan Lakers dan Clippers. Johnson menyebutnya, " The battle of the best in LA!" (tor)

Foto: NBA

Komentar