IBL

Kristaps Porzingis sudah absen di dua gim terakhir Dallas Mavericks berhadapan dengan Los Angeles Clippers. Di dua gim tersebut, Porzingis dikabarkan mengalami cedera lutut. Teka-teki apakah pemain asal Latvia ini akan bermain di gim keenam akhirnya terjawab usai tim memberikan rilis resmi mengenai kondisi Sang Pemain.

Porzingis dipastikan absen untuk gim keenam dan gim ketujuh (jika ada). Cedera lutut yang selama ini disebutkan, ternyata adalah robek di area meniskus. Porzingis belum akan naik meja operasi. Ia akan mendapatkan perawatan terlebih dahulu di dalam “gelembung” NBA. Belum dipastikan apakah ia bisa bermain jika Mavericks lolos ke semifinal Wilayah Barat.

(Baca juga: Buzzer Beater Luka Doncic Menangkan Mavericks Lewat Tambahan Waktu)

Akan tetapi, harapan untuk melihat Porzingis bisa kembali bermain tidaklah cukup tinggi. Pasalnya, cedera meniskus sendiri terkenal sebagai salah satu cedera yang butuh waktu lama untuk pemulihannya, meski kadaranya berbeda-beda. Atas hal ini, beberapa laporan media Amerika Serikayt meyakini kemungkinan musim Porzingis akan berakhir.

Dalam dua gim tanpa Porzingis, Mavericks sebenarnya masih bisa meraih satu kemenangan. Namun, kemenangan itu diraih melalui perjuangan babak tambahan waktu dan permainan super brilian dari Luka Doncic. Untuk menjalani musim yang lebih jauh atau meraih gelar juara, rasanya mengandalkan Doncic seorang diri bukanlah cara yang tepat.

Dalam tiga gim playoff yang ia mainkan, Porzingis memberi sumbangsih 23,7 poin, 8,7 rebound, dan 1,0 blok per gim. Kehadiran Porzingis membuat Mavericks lebih fleksibel saat menyerang karena kemampuannya menembak dari jarak jauh dan menekan di area kunci. Sebaliknya saat bertahan, Porzingis adalah opsi terbaik Mavericks di barisan pemain tinggi.

(Baca juga: Isi Kepala Kristaps Porzingis saat Cedera ACL pada 2018 Silam)

Cedera sendiri tela menjadi momok yang menghantui Porzingis di NBA. Pada 2018 lalu, ia mengalami cedera ACL yang membuatnya absen satu setengah musim. Kala cedera, ia masih berstatus pemain New York Knicks. Ia lantas ditukar ke Mavericks saat melalukan pemulihan dan baru bermain untuk Mavericks musim ini. Ia absen penuh di musim 2018-2019. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar