IBL

Sejak NBA dilanjutkan kembali pada 30 Juli lalu, ada satu hal yang menarik, yaitu kehadiran penggemar virtual (virtual fans). Mereka bisa dihadirkan ke lapangan berkat kerjasama NBA dengan Microsoft. Tetapi bagaimana caranya menjadi virtual fans yang bisa menyaksikan secara langsung gim-gim seru NBA? Apa saja syarat-syaratnya?

Beberapa hari terakhir, ada unggahan unik tentang virtual fans di NBA. Mulai dari tingkah lucu Deuce, anak bintang Boston Celtics Jayson Tatum. Kemudian, dukungan Chris Bosh, legenda Celtics. Lalu ada fans yang membawa kambing, hingga Shaquille O'Neal yang bertingkah lucu saat duduk di bangku virtual fans.

Selama ini, orang-orang khawatir tentang bagaimana gim NBA tanpa penonton. Tapi anggapan itu terhapus ketika penggemar virtual NBA muncul di papan video besar yang ditempatkan secara strategis di pinggir lapangan. Apa sebenarnya yang diperlukan untuk menjadi penggemar virtual? Apakah ada biaya? Berikut adalah jawaban tentang bagaimana menyemangati tim favorit selama sisa musim NBA 2020.

Penggemar Virtual NBA dan Cara Kerjanya

NBA telah membawa konsep penonton virtual ke level yang lebih tinggi. Berbeda dengan MLS, yang jarang melihat penggemar virtualnya, gim NBA secara teratur menampilkan penggemar karena papan video setinggi lima meter yang terletak tepat di belakang bangku tim. Kamera dari tayangan televisi terkadang menampilkan penggemar di latar belakang selama permainan berlangsung.

NBA telah memprioritaskan menampilkan penggemar virtual selama siaran karena dua alasan. Pertama mereka ingin penggemar merasa dilibatkan. Kedua karena ada sponsor utama yaitu Michelob yang ditampilkan secara mencolok di area papan video.

Yang juga membedakan penggemar virtual di pertandingan NBA dan MLS adalah estetika. Tidak seperti layar seperti Brady Bunch yang penuh dengan kotak yang ditemukan pada panggilan Zoom standar, penggemar virtual NBA tampak duduk di kursi masing-masing. Itu menciptakan visual yang menarik. Tapi karena ukuran penggemar yang duduk di kursi mereka terkadang sangat bervariasi, maka tampilannya juga unik. Meski demikian, NBA telah menetapkan standar liga dalam hal penggunaan penggemar virtual, serta mengatur jarak orang dari kamera di gawai mereka.

Bagaimana Cara Mendaftar Jadi penggemar Virtual NBA?

Pertama, dan yang terpenting, menjadi penggemar virtual NBA itu gratis. Kedua, mudah untuk mendaftar. Ini adalah program yang dapat diunduh penggemar dari Microsoft. Tapi ada batasannya. Karena hanya ada 320 slot yang tersedia, NBA menyerahkan kepada masing-masing tim untuk memilih penggemar yang ingin mereka undang untuk mendapatkan kursi digital. Biasanya, website tim tersebut sudaha menyediakan cara-cara untuk menjadi penggemar virtual untuk mendukung mereka. Seperti yang dilakukan Indiana Pacers, berikut ini;

Link Unduhan Aplikasi Microsoft Team

Jika beruntung, bersiaplah, karena mungkin kita bisa duduk di samping seseorang yang terkenal seperti NBA All-Star 11 kali dan Juara NBA dua kali Chris Bosh, yang muncul minggu ini. Ada pula mantan pemain Nets Kerry Kittles juga muncul sebagai penggemar virtual, Lil Wayne, hingga Shaquille O'Neal.

Seperti gim NBA sungguhan, penggemar yang menunjukkan perilaku buruk akan dikeluarkan, atau dalam hal ini, dihapus. Pengaturan ini melibatkan moderator yang memantau penggemar dan dapat menghapus penonton untuk semua jenis perilaku buruk. Selain itu, jika ada penonton yang tidak tampil dalam waktu lama, maka bisa diganti penonton lainnya.

Meskipun pandemi telah mengganggu seluruh dunia, termasuk olahraga, sungguh menyenangkan melihat liga seperti NBA menggunakan teknologi dengan penggemar virtual NBA. Bagi penggemar beruntung yang terpilih, ini adalah kesempatan unik untuk menonton pertandingan tanpa biaya alias gratis. (tor)

Foto: NBA

Komentar