IBL

Marc Gasol adalah satu dari sekian pemain yang memanfaatkan masa hiatus dengan baik. Adik dari Pau Gasol ini pulang ke Spanyol dan muncul beberapa waktu lalu dengan tubuh yang jauh sangat kurus. Bahkan, bisa dibilang ini adalah kondisi tubuh terbaik Marc sepanjang kariernya. Sontak foto tersebut menjadi perbincangan banyak penggemar NBA.

Marc yang kini sudah berada di “gelembung” dan berlatih bersama Raptors akhirnya buka suara dengan perubahan drastis yang ia lakukan dalam sesi jumpa wartawan secara virtual, Rabu, 15 Juli 2020, waktu setempat.

“Musim ini adalah musim yang sangat membuat saya frustasi karena saya tak kunjung menemukan ritme dan membantu tim dengan seharusnya. Begitu NBA memutuskan hiatus dan menutup fasilitas latihan tim, saya langsung menghubungi tim saya untuk menyelesaikan masalah saya,” buka pemain berusia 35 tahun ini.

(Baca juga: Transformasi Bintang-bintang NBA Selama Hiatus)

Marc juga menceritakan bahwa ia mengalami cedera hamstring yang menambah sulit keadaan. Cedera itu ia dapatkan usai mengantarkan Spanyol meraih gelar juara Piala Dunia FIBA 2019 Cina. Cedera ini pula yang membuat Marc harus memulai 28 dari 64 gim Raptors dari bangku cadangan. Di sisi lain, Marc tak lupa menjelaskan bahwa keberhasilannya menurunkan berat badan juga tertolong karena NBA hiatus.

“Konsistensi adalah kunci untuk hal ini (menurunkan berat badan). Anda harus terus memikirkan target Anda, program latihan, kebiasaan waktu tidur, dan semuanya. Tentunya hal ini jadi lebih mudah saat Anda terus di rumah. Jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan Anda harus terus berpergian ke kota-kota dan menghadapi pertandingan,” lanjutnya.

Marc menolak menyebutkan berapa banyak berat badan yang sudah ia pangkas. Namun, rekan satu tim Marc, Patick McCaw, memberikan keterangan yang kurang lebih menggambarkan betapa masifnya penurunan berat badan Marc. “Saya cukup terkejut melihatnya kembali. Saya bahkan kesulitan mengenalinya karena ia juga memiliki gaya rambut baru. Saya kira ia kini kembali seusia dengan saya (24 tahun), tapi ia terlihat luar biasa, bergerak dengan bagus dan cepat. Perubahan yang ia lakukan benar-benar luar biasa dan saya tak sabar melihatnya bermain.”

Di kesempatan terpisah, Kepala Pelatih Raptors, Nick Nurse, mendaku cukup puas dengan mentalitas timnya yang tetap fokus selama hiatus. Selain Marc, Kyle Lowry juga dikabarkan Nurse berhasil membuat tubuhnya lebih fit. Lalu Chris Boucher juga berhasil menambah 6,8 kilogram massa ototnya. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar