IBL

Lanjutan NBA bisa membuka kesempatan bagi pemain San Antonio Spurs untuk membuktikan kemampuan mereka. Spurs kini mencetak rekor 27-36, dan berada di belakang Memphis Grizzlies yang berada di peringkat delapan. Jadi lima pemain ini yang akan tampil, sekaligus bisa menjadi senjata utama Spurs untuk menyelesaikan musim dengan hasil maksimal.

Meski berat, tapi Spurs masih punya kesempatan lolos ke playoff. Karena kini semua tim kondisinya sama. Dalam arti, baik secara fisik dan mental bermain. Mereka juga sama-sama bermain di tempat yang netral yaitu ESPN Wide World of Sports Complex di Disney World. Spurs punya beberapa pemain yang diprediksi bakal bersinar. Kecuali, LaMarcus Aldridge yang tidak ikut ke Orlando karena operasi baru bulan April lalu.

Inilah lima pemain Spurs yang diprediksi bersinar di Orlando:

1. Derrick White


Sebelum hiatus NBA, Derrick White tampak mengalami peningkatan performa di musim ketiganya. White mencetak 10,4 poin per gim, sedangkan akurasi tripoin menjadi 35,6 persen. Sebagian besar kontribusi pemain cadangan dihasilkan dari performa White yang menawan

Masa perpanjangan kontrak White di Spurs berbeda dari seharusnya karena ada Covid-19. Kali ini White tetap berada di Spurs hingga Oktober 2020. Belum dipastikan apakah White menerima perpanjangan kontrak, atau memilih jadi pemain free agent untuk musim depan.

Keyakinan bahwa White bisa bersinar di Orlando karena kecenderungan Gregg Popovich yang selalu memilihnya sebagai pemain cadangan utama. Ada 48 penampilan dari bangku cadangan dengan menit bermain sebanyak 24,1 menit per gim. Peran tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan musim 2017 lalu.

2. DeMar DeRozan


Hiatus NBA membuat pada pemain punya opsi berbeda di kontraknya. Salah satunya DeMar DeRozan. Keputusannya menjadi pemain bebas agen tahun ini menjadi salah satu faktor pendorong DeRozan tampil maksimal. Itu bagian dari promosi dirinya.

DeRozan menjadi salah satu nama besar di bursa jual-beli pemain bebas agen musim ini. Tapi bisa saja Spurs meminangnya kembali dengan mahar AS$27,73 juta per musim.

3. Keldon Johnson


Keldon Johnson hanya bermain sembilan gim sebelum NBA ditunda karena pandemi virus korona. Ia hanya bermain 16,7 menit per pertandingan.

Johnson dianggap sebagai bintang masa depan Spurs. Tapi salah satu pembuktikannya adalah di lanjutan NBA yang secara resmi dibuka pada 31 Juli mendatang. Kalau memang ingin tetap bertahan di Spurs, Johnson harus menunjukkan kontribusi yang bagus.

4. Lonnie Walker


Lonnie Walker bermain di semua pertandingans sejak 28 Desember hingga 3 Maret. Tetapi ia hanya mencetak 6,4 poin per gim dengan akurasi tembakan 42,9 persen. Walker hanya mencetak lima kali poin digit ganda.

Seperti halnya Johnson, Walker harus bisa menunjukkan kontribusi yang bagus bila ingin tetap bertahan di Spurs. Setidaknya butuh lebih banyak menit bermain. Sehingga dirinya bisa mengejar catatan statistik Derrick White.

5. Trey Lyles


Tidak ada LaMarcus Aldridge berarti kesempatan terbuka lebar bagi Trey Lyles. Koleksi pemain besar Spurs memang tak banyak. Bila Rudy Gay beristirahat, maka ada Aldridge yang siap menggantikan. Kali ini, Lyles berdiri di baris pertama sebagai pengganti Gay.

Lyles tampil 53 kali dari 63 gim Spurs. Rata-rata ia mencetak 6,4 poin dan 5,7 rebound dalam waktu 20,2 menit per gim. Kontrak Lyles tahun ini sebesar AS$5,5 juta, dan dirinya tidak punya opsi perpanjangan. Jadi tidak ada jaminan Lyles bakal dikontrak lagi musim 2020-2021.

Sementara Lyles sendiri masih ingin bermain di Spurs. Setidaknya untuk beberapa musim lagi. Jadi yang harus dilakukan Lyles adalah tampil sebaik-baiknya di lanjutan NBA untuk memikat hati pelatih dan manajemen. Sehingga dirinya bisa mendapatkan perpanjangan kontrak. (tor)

Foto: Twitter/Spurs

Komentar