IBL

Penggemar basket di seluruh dunia sudah tak sabar ingin menyaksikan laga-laga seru dari lanjutan NBA di Orlando. Ada beberapa saluran yang disiapkan NBA, beberapa sudah dipastikan laga yang akan ditayangkan seperti playoff dan final. Sebagian besar dari saluran tersebut berbayar.

NBA memang belum mengeluarkan jadwal penayangan secara detail. Meski kini sudah ada kepastian bahwa ABC dan ESPN memiliki hak ekslusif untuk menayangkan NBA Final. Sementara jatah untuk saluran televisi lainnya belum dibagi. ESPN sendiri sudah diumumkan sebagai saluran yang menayangkan Final Wilayah Timur 2020.

Turner Sports milik AT&T punya TNT, sebagai pengelola divisi digital NBA juga akan menyiarkan pertandingan. Saluran yang menjadi mitra dekat NBA tersebut akan menyiarkan beberapa gim lanjutan musim reguler, dan sebagian besar gim playoff. TNT juga sudah diumumkan memiliki hak siar Final Wilayah Barat 2020. Di samping dua saluran televisi tersebut, NBA juga akan menyangkan beberapa pertandingan di NBA TV.

Saluran olahraga lokal seperti Fox Sports, YES Network milik Brooklyn Nets, dan Spectrum SportsNet milik LA Lakers kemungkinan juga terlibat. Mereka kemungkinan akan menyiarkan delapan gim awal sebelum playoff. Sementara itu, untuk NBA League Pass masih belum diputuskan. Apakah layanan berbayar NBA tersebut juga diaktifkan untuk menjadi salah satu saluran menyaksikan laga-laga seru lanjutan NBA.

Televisi seperti ESPN, NBA TV, ABC, dan TNT menjadi saluran yang tidak berbayar di Amerika Serikat. Namun tidak bagi kita yang menonton di Indonesia. Karena perlu mengakses melalui televisi kabel atau televisi berlangganan.

Sementara itu, ada beberapa saluran yang menayangkan pertandingan NBA dengan cara membayar biaya tayang. Memang mudah diakses, namun harganya juga tidak murah.

1. YouTube TV
YouTube TV bisa mencakup ABC, ESPN, NBA TV, dan TNT. Harganya sekitar AS$65 untuk masa tayang satu bulan.

2. Sling TV
Paket Orange milik Sling TV dibanderol dengan harga AS$30 per bulan. Ini sudah termasuk akses untuk ESPN dan TNT, tapi tidak untuk ABC. Sedangkan bila ingin menambah NBA TV, maka membayar biaya tambahan sebesar AS$10, atau memilih paket Sports Extra.

3. Hulu with Live TV
Hulu with Live TV memasang harga sebesar AS$55 untuk satu bulan, dan sudah bisa mengakses ESPN, TNT, dan ABC. Tapi tidak untuk NBA TV.

4. FuboTV
FuboTV mengumumkan kerjasama dengan ESPN dan ABC. Kini mereka bisa menawarkan akses ke dua televisi tersebut, dan ditambah dengan NBA televisi dengan harga AS$66 per bulan.

5. AT&T TV
AT&T TV punya penawaran sebesar AS$55 untuk bisa mengakses ABC, ESPN, dan TNT selama satu bulan. Tapi tidak berhenti sampai di situ. Sebab dengan membayar AS$80 maka AT&T TV menambah paket dengan akses ke saluran lokal seperti New York dan Los Angeles. Sedangkan untuk menambah askes ke NBA TV, maka harganya meningkat jadi AS$124 per bulan. (tor)

Foto: Getty Images

Komentar