IBL

NBA akan melanjutkan musim 2019-2020 pada bulan Juli, dengan 22 klub. Mereka akan bermain di Walt Disney World di Orlando, Florida. Namun, tidak semua pemain yang akan tampil. Sementara sudah ada beberapa pemain yang pamit, tidak berangkat ke Orlando.

Pemain memang bebas menentukan sikap. Mereka boleh tampil, atau justru pamit untuk tidak tampil di Orlando. Konsekuensinya tidak ada. Jadi para pemain itu tidak akan mendapatkan denda, atau skorsing dari NBA dan timnya. Hanya saja, pemain yang tidak tampil di Orlando akan kehilangan sebagian gajinya. Hitungannya maksimalnya sekitar 14 pertandingan. Sementara untuk aturan penalti, tidak ada. Mereka tidak harus membayar apapun ke klubnya.

Kini sudah ada beberapa pemain yang menarik diri dari Orlando. Berikut daftar sementara pemain tersebut:

1. Trevor Ariza (Portland Trail Blazers)
Ariza sangat berat meninggalkan keluarganya. Karena kalau dirinya bermain di Orlando, maka akan meninggalkan keluarga lebih dari satu bulan. Sementara, keluarga tidak boleh masuk ke area terbatas.

Sejauh ini, tidak jelas apakah Portland akan menandatangani pemain pengganti untuk Ariza. Blazers memiliki tempat terbuka di roster, karena masih 15 pemain. Di atas kertas, Blazer bisa punya dua pemain tambahan untuk dibawa ke Orlando.

2. Avery Bradley (Los Angeles Lakers)
Bradley adalah pemain paling menarik yang memilih tak berangkat ke Orlando. Karena Bradley adalah anggota tim Lakers, yang menjadi unggulan juara tahun ini. Bradley mendukung pemain yang menyuarakan keprihatinan terhadap kondisi sosial di Amerika Serikat. Selain itu, pertimbangan keluarga menjadi faktor kuat untuk Bradley tidak bisa tampil di Orlando.

Sebagai pengganti Bradley, Lakers sudah menyiapkan JR Smith. Pemain yang pernah satu tim dengan LeBron James di Cleveland Cavaliers. JR Smith pernah menjadi juara bersama LeBron di NBA 2016 lalu.

3. Davis Bertans (Washington Wizards)
Bertans menjadi pemain pertama yang memilih tidak ikut timnya ke Orlando. Bertans melakukan demi menyembuhkan cedera ACL, dan tidak ingin membuat cederanya semakin parah.

Keputusan tidak ikut ke Orlando, sementara tidak memengaruhi pandangan Wizards terhadap Bertans. Ia tetap pemain yang akan diperpanjang oleh Wizards sebagai pemain bebas agen musim depan. Bertans tetap jadi prioritas utama klub ini.

Sebagai pertimbangan, Washington Wizards tidak berada di posisi yang aman untuk playoff. Sebagai pengganti Bertans, Wizards berpeluang merekrut Jerian Grant. Grant adalah mantan pemain Orlando Magic, yang kini membela Capital City Go-Go di NBA G-League.

4. Willie Cauley-Stein (Dallas Mavericks)
Cauley-Stein saat ini sedang menunggu kelahiran anaknya. Jadi dirinya tidak ikut ke Orlando dengan alasan ingin bersama keluarganya. Meski pamit dari Mavs, tapi Cauley-Stein tetap jadi prioritas tim untuk musim depan.

Mavs tampaknya kekurangan pemain. Cauley-Stein tidak ikut ke Orlando, sementara itu Dwight Powel, Courtney Lee, dan Jalen Bruson cedera. Mavs kelihatannya tertarik untuk membawa pemain veteran Trey Burke ke Orlando, menggantikan Cauley-Stein.

5. Wilson Chandler (Brooklyn Nets)
Chandler tidak akan ikut Brooklyn Nets ke Orlando dengan alasan keluarga. Ia menambah panjang daftar pemain Nets yang akan absen. Sebelumnya ada Kevin Durant, Kyrie Irving, dan Nicolas Claxton tidak akan tampil karena cedera.

Namun hanya Chandler yang memenuhi syarat untuk dicarikan pemain pengganti. Sepertinya, Nets akan merekrut Justin Anderson.

6. DeMarcus Cousins (LA Lakers)

Sejak ACL-nya robek, Cousins memang belum bermain untuk Lakers. Sementara kabarnya pihak Lakers sudah ingin melepaskan ikatan dengan pemain tersebut. Jadi intinya, status Cousins adalah pemain bebas agen. Sekarang justru ada berita yang menyatakan dirinya tidak nyaman untuk tampil kembali di liga, setelah penundaan yang lama akibat pandemi virus korona. 

7. DeAndre Jordan (Brooklyn Nets)

Jordan mengumumkan dirinya tidak akan bermain setelah hasil tes yang menyatakan positif terjangkit virus korona. Meski ada peluang sembuh, tapi Jordan tetap tidak ingin berangkat ke Orlando. Jadi Nets sekarang kehilangan empat pemain yaitu Kevin Durant (cedera achilles), Kyrie Irving (cedera bahu), DeAndre Jordan dan Wilson Chandler (memilih tidak ikut karena alasan pribadi). 

Brooklyn merekrut Jordan musim ini sebagai cadangan senter Jarrett Allen. Dia muncul dalam 56 pertandingan, dengan rata-rata 8,3 poin, 10,0 rebound dan 0,9 blok dalam 22,0 menit per gim.

8. Victor Oladipo (Indiana Pacers)

Oladipo munkin jadi pemain bintang yang memilih tidak ikut ke Orlando. Sejauh ini baru Oladipo yang dikategorikan sebagai ikon tim yang pamit tidak akan melanjutkan musim kompetisi. Di sisi lain, Oladipo tentu membuat perbedaan besar di tim Pacers di playoff nanti. Sebab dirinya bisa mencetak 13,8 poin dan 3,0 asis per gim. Ini dicetak dalam 13 pertandingan, setelah kembali dari cedera.

Oladipo khawatir bila cederanya bisa kambuh karena pertandingan dengan intensitas tinggi di Orlando nanti. Pacers sebelumnya kehilangan Jeremy Lamb. Sebagai gantinya mereka memainkan Justin Holiday dan Doug McDermott. Kalau Oladipo absen, maka pemain seperti TJ McConnell, Aaron Holiday, dan Edmon Summer akan bekerja keras.

9. Thabo Selofosha (Houston Rockets)

Sefolosha bermain hanya 10 menit per pertandingan untuk Rockets musim ini. Lalu, dirinya juga tidak terlihat dalam enam pertandingan terakhir sebelum hiatus bulan Maret lalu. Sefolosha bukan pemain yang memberi dampak besar terhadap permainan Rockets. Jadi mungkin untuk kali ini, dia lebih baik beristirahat. Selama musim ini, ia mencetak 2,2 poin dan 2,3 rebound per gim.

10.Bradley Beal

Washington Wizards harus menerima pukulan telak sebelum melanjutkan musim di Orlando. Usai Davis Bertans, kini giliran Bradley Beal yang dipastikan tidak akan tampil di sisa musim 2019-2020. Dari rilis resmi tim, Beal mengalami cedera bahu dan harus menjalani perawatan. Namun, diyakini banyak pihak, Wizards tak ingin memaksa Beal tampil agar fokus menghadapi musim depan bersama John Wall yang telah sembuh. Beal menorehkan 30,5 poin dan 6,1 asis per gim musim ini. Ia adalah top skor utama Wizards dan peringkat kedua top skor liga, hanya kalah dari James Harden.

11.Spencer Dinwiddie dan Taurean Prince

Brooklyn Nets bisa dinobatkan sebagai tim paling sial musim ini. Setelah Kevin Durant, Kyrie Irving, Wilson Chandler, dan DeAndre Jordan, mereka dipastikan kehilangan dua nama lagi di Orlando. Dua nama terbaru yang pasti absen adalah Spencer Dinwiddie dan Taurean Prince. Keduanya absen lantaran terjangkit virus korona.

Dinwiddie sendiri sudah sekitar 10 hari menjalani perawatan. Namun, tampaknya hasil tes terbarunya tidak cukup baik hingga ia akhirnya dipastikan menepi. Sementara Prince baru saja diketahui bahwa positif virus korona. Atas sebab itu, Nets kini diperbolehkan mendaftarkan pemain pengganti sebanyak empat nama. Durant dan Irving tidak dihitung karena sudah cedera sejak musim berjalan.(tor)

Foto: NBA

 

Komentar