IBL

NBA tentu khawatir dengan peningkatan jumlah kasus virus korona di Florida, Amerika Serikat. Padahal mereka berencana menggelar liga lanjutan di negara bagian tersebut. Meski khawatir dengan kondisi ini, NBA tetap melanjutkan liga. Tidak ada tanda-tanda penundaan atau pembatalan.

Florida dikabarkan mengalami peningkatan jumlah pasien covid-19 dalam kurun waktu tiga hari terakhir. Canadian Broadcasting Corporation (CBC) News mencatat ada lebih dari empat ribu kasus dalam satu hari. Sementara saat ini NBA bersiap menyambut kedatangan 22 tim peserta yang akan menyelesaikan musim kompetisi 2019-2020 di Walt Disney World, Orlando, Florida. Bilaa setiap tim punya kuota 35 orang (pemain 15dan ofisial), maka akan ada 770 orang yang akan hadir di tempat terebut. Jumlah tersebut belum termasuk wasit, orang-orang penting di NBA, dan kru televisi.

ESPN memberitakan bahwa Komisaris NBA Adam Silver sudah mengadakan pertemuan dengan pemilik klub peserta. Mereka membahas perkembangan terbaru di Florida. Meski khawatir, liga akan berusaha agar kompetisi tetap berlanjut.

"Liga memantau dengan seksama data di Florida, dan akan terus menjalin komunikasi dengan Asosiasi Pemain NBA, petugas kesehatan, serta pakar medis mengenai rencana kami melanjutkan kompetisi musim ini," kata juru bicara NBA, Mike Bass, dilansir cbc.ca.

Orlandi, yang berlokasi di Orange Country di Florida Tengah, belum pernah dihantam virus korona seperti Florida Selatan. Namun, para pemain menyatakan kekhawatiran bahwa orang-orang non-NBA, seperti pelayan restoran dan petugas kebersihan bisa memasukkan virus ke area terbatas.

"Bila perlu, NBA harus menambahkan aturan kuota terbatas untuk orang-orang yang memiliki akses ke area terbatas," ujar Michael Roberts, selaku direktur eksekutif Asosiasi Pemain NBA.

Selasa depan, NBA berencana menerbitkan panduan setebal 113 halaman yang menguraikan protokol kesehatan dan prosedur lain di Florida. Klub peserta diharapkan bisa datang di minggu kedua bulan Juli. Dilanjutkan dengan kamp pelatihan singkat, lalu pada 30 Juli, liga musim 2019-2020 dilanjutkan kembali. (tor)

Komentar