IBL

Patriotisme di Amerika Serikat kini sedang diuji. Situasi negara tersebut memanas karena beberapa peristiwa rasisme yang terjadi belakangan. Kondisi politik dan keamanan sedang tidak bagus, jelang peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. Tapi seakan tidak peduli dengan hal tersebut, Nike merilis tujuh sneaker dengan warna khas bendera Amerika Serikat.

Setiap tanggal 4 Juli diperingati masyarakat Amerika Serikat sebagai Hari Kemerdekaan. Biasanya, berbagai acara digelar besar-besaran. Termasuk juga produk-produk fashion ikut memeriahkan peringatan tersebut. Namun kini ada yang berbeda. Amerika Serikat tentu tak bisa menggelar acara peringatan Hari Kemerdekaan besar-besaran karena pandemi virus korona. Selain itu, negara tersebut diguncang isu rasisme. Belakangan beberapa peristiwa kematian orang kulit hitam memicu aksi protes di seluruh negara bagian.

Meski tidak yakin akan laku keras, tapi Nike tetap merilis koleksi 'USA' pada minggu ini. Isinya tujuh sneaker dengan warna identik dengan bendera Amerika Serikat, yaitu merah, putih, dan biru. Tujuh model tersebut antara lain Air Max 97, Air Max 279, Air Max 90, Air Foamposite Pro, Air Force 1 Low, React Presto, dan Air VaporMax Flyknit 3.

Meski dinamakan USA, Nike ternyata tidak menyertakan detail-detail tentang Amerika Serikat. Tidak ada nama khusus yang disematkan pada tujuh model sneaker tersebut. Lalu tidak ada grafis pada bagian sol, juga tidak ada bendera Amerika Serikat yang dijahit di lidah. Nike hanya membuat warna yang identik saja. Bahkan, Nike juga tidak melakukan rilis terbuka. Hanya melalui website saja. Kabarnya, dari tujuh model tersebut untuk Air Foamposite Pro sudah habis terjual.

Sementara itu, selain Nike, Reebok juga merilis sneaker bertema Amerika Serikat. Mereka membuat kembali model Shaqnosis dan Kamikaze II dengan warna identik dengan bendera Amerika Serikat. (*)

Nike Air Max 97 'USA' 

Nike Air Max 270 'USA'

Air Max 90 'USA'

Air Foamposite Pro 'USA'

Air Force 1 Low 'USA'

React Presto 'USA'

Air VaporMax Flyknit 3 'USA'

Foto: hypebeast

Komentar