IBL

Pandemi virus korona membuat Women’s National Basketball Association (WNBA) harus menunda musim baru mereka. Ya, WNBA 2020 seharusnya dimulai per 15 Mei lalu. Namun, kondisi yang tidak memungkinkan memaksa mereka untuk memundurkan jadwal. Selain memundurkan jadwal, WNBA sebelumnya juga sudah beradaptasi dengan keadaan melalui gelaran WNBA Draft secara virtual.

Terbaru, Senin, 15 Juni 2020, waktu setempat, WNBA datang dengan kabar bahagia. Melalui rilis resmi liga, WNBA mengumumkan rencana mereka untuk menjalankan musim 2020 di akhir Juli nanti. Mengikuti langkah NBA, WNBA juga akan memainkan semua gim mereka di wilayah negara bagian Florida, Amerika Serikat. Bedanya, jika NBA digelar di Disney World, WNBA akan mengambil tempat di IMG Academy.

WNBA juga lantas melakukan penyesuaian jadwal. Dengan sistem gelembung (bubble) yang menempatkan seluruh tim, pemain, dan ofisial di IMG Academy, jumlah gim reguler pun dikurangi. Jika musim lalu setiap tim memainkan 34 gim reguler, musim ini mereka hanya memainkan 22 gim. Adapun untuk format playoff, mereka masih menggunakan format biasanya.

“Kami sedang melakukan finalisasi terhadap semua rencana memulai musim baru ini dengan memperhatikan semua standar kesehatan dan keamanan untuk semua pemain dan staf yang akan berlaga,” ujar Cathy Englebert, komisaris WNBA.

“Kami akan terus melakukan konsultasi dengan para pakar kesehatan, pemain, pemilik tim, dan pemegang saham selama kami berusaha mengeksekusi semua renacana ini. Meski serangan pandemi ini cukup mengganggu musim 2020, WNBA dan seluruh jajaran direksi terus percaya dan memberikan dukungan penuh untuk seluruh atlet perempuan yang bermain di WNBA. Di samping itu, kami memastikan semua pemain akan mendapatkan bayaran dan tunjangan mereka secara penuh,” lanjutnya.

Situasi sosial politik di Amerika Serikat yang sedang memanas juga tak lepas dari perhatian. WNBA memastikan bahwa mereka akan memberikan dukungan dan wadah bagi semua atlet untuk menunjukkan pendapat mereka serta keinginan mereka atas perubahan sistem di Amerika Serikat. “WNBA melawan rasisme dalam semua bentuk. George Floyd dan Breonna Taylor adalah dua nama terbaru yang ada di daftar panjang korban kebrutalan polisi dan sistem atas kaum kulit hitam di Amerika Serikat. Dan ini adalah tanggung jawab kita semua menggunakan wadah yang kita punya untuk mendorong perubahan,” tutup Engelbert.

Tak seperti NBA yang mengalami sedikit pertentangan dari pemain yang menolak bermain, WNBA tampaknya lancar-lancar saja. Nneka Ogwumika, Presiden WNBPA memberikan pernyataan yang menunjukkan seluruh pemain WNBA berada di satu arah yang sama untuk melanjutkan musim.

“Dalam diskusi dengan liga, kami sepakat menunjung tinggi komitmen untuk memulai musim 2020. Hal ini juga memberi WNBA kesempatan menunjukkan kepada dunia perhatian mereka atas kesejatheraan para pemain. Di saat yang bersamaan, kesepakatan ini juga memberi kesempatan kami semua untuk menyampaikann aspirasi secara bersama-sama.”

Belum ada tanggal pasti mengenai semua rencana memulai musim 2020 ini. Namun, secara gambaran pertama, semua tim akan mulai berkumpul di IMG Academy di awal Juli nanti. Melakukan pemusatan latihan dan beberapa latih tanding sebelum memulai musim. Seluruh gim tampaknya tidak akan dihadiri penonton. Namun, tak usah khawatir, rekanan siaran WNBA seperti ESPN, CBS Sports Network, dan NBA TV memberikan komitmen tinggi untuk menyiarkan semua gim yang ada. (DRMK)

Foto: WNBA

Komentar