IBL

Kurang dari satu minggu setelah kepastian NBA akan melanjutkan musim 2019-2020 di 31 Juli dengan 22 tim, San Antonio Spurs harus menerima kenyataan pahit. Ya, menjadi salah satu bagian dari tim yang akan melanjutkan musim di Disney World, Orlando, Florida, Amerika Serikat, Spurs justru harus kehilangan salah satu pemain kunci mereka, LaMarcus Aldridge.

Melalui rilis resmi tim, Spurs mengumumkan bahwa pemain yang akrab disapa LA tersebut harus naik meja operasi untuk memperbaiki kondisi bahu kanannya, Senin, 8 Juni 2020, waktu setempat. Pemulihan LA tampaknya memakan waktu yang cukup lama hingga Spurs memastikan ia tidak akan tampil di sisa musim, tak peduli seberapa jauh Spurs melangkah.

“Saya cukup kecewa tidak bisa tampil melanjutkan dan menyelesaikan musim seperti seharusnya dengan rekan satu tim saya. Namun, saya juga cukup bersemangat menyiapkan diri saya agar lebih baik musim depan dan bisa melebihi pencapaian kami musim ini,” ujar LA.

Pemain yang tercatat tujuh kali tampil di laga All Star ini mengalami cedera pada 21 Februari lalu, saat Spurs bertandang ke Utah Jazz. Dua hari berselang, ia masih tampak bermain melawan Oklahoma City Thunder. Setelahnya, ia absen di enam gim beruntun sebelum kembali tampil di gim terakhir Spurs sebelum NBA hiatus melawan Dallas Mavericks, 10 Maret. LA mencetak 24 poin di gim tersebut.

Di usianya yang akan menginjak 35 tahun, LA masih menjadi salah satu andalan Spurs, utamanya dalam menyerang. Seluruh 53 gim yang ia mainkan musim ini ia lakoni sebagai pemain utama (starter). Peran tersebut sudah ia jalani dalam  lima musim terakhir bersama Spurs. Catatan 18,9 poin yang ia bukukan musim ini pun jadi yang tersubur kedua di tim, hanya kalah dari DeMar DeRozan dengan 22,2 poin. LA juga menambahkan 7,4 rebound, 2,4 asis, dan 1,6 blok per gim.

Tanpa LA, maka Spurs butuh pemain lain untuk mengambil alih sumbangsihnya. Spurs yang sepanjang musim ini memainkan LA sebagai senter hanya punya Jakob Poeltl sebagai pelapis. Namun, jika melakukan sedikit perubahan susunan pemain, maka Rudy Gay atau Lonnie Walker IV kemungkinan besar akan masuk di skuat utama dengan menggeser Trey Lyles mengisi posisi LA.

Spurs berjarak enam kemenangan dengan Memphis Grizzlies di batas akhir playoff. Aturan kelanjutan musim membuat Spurs hanya perlu mengejar posisi sembilan untuk memainkan laga tambahan menentukan satu slot playoff. Spurs sendiri belum pernah gagal lolos ke playoff dalam 22 musim terakhir. (DMRK)

Foto: NBA

 

Komentar