IBL

Beberapa hari terakhir, ada sebagian akun resmi tim NBA mengunggah desain seragam (jersei) pertandingan unik. Perpaduan warna khas tim dengan unsur superhero. Ternyata desain tersebut hasil karya SRelix. Lebih dalam lagi, orang dibalik SRelix itu adalah Mikey Halim. Pemuda Indonesia yang kini tinggal di Amerika Serikat.

Siapa sangka desain-desain seragam NBA itu dihasilkan oleh tangan pemuda Indonesia. Tentu membanggakan. Tetapi hal itu tidak datang begitu saja. Mikey memulainya empat tahun lalu. Awalnya dia merancang desain grafis untuk saluran YouTube-nya, yang bernama RHA. Kemudian dari situ, berkembang ke desain olahraga.

Selama berkarya hingga sekarang, Mikey sudah bekerja sama dengan beberapa selebriti seperti Alex Wassabi, Rick Ross, FirstWeFeast, dan banyak lagi. Mikey sekarang juga bekerja untuk mendesain jersei Championship dan FIBA. Bahkan ada beberapa agensi olahraga, serta pemain NBA dan NFL.

Spesialisasi desain pemuda kelahiran 14 April 2003 tersebut memang di desain jersei/pakaian olahraga. Tetapi bila dilihat dari portofolinya di srelix.com, karya-karyanya sangat beragam seperti selebaran, sampul album, desain logo, dan lain-lain.

Berikut wawancara singkat mainbasket.com dengan Mikey Halim a.k.a SRelix:

Halo SRelix, apakah benar kamu orang Indonesia? dan namamu Mikey Halim?

Halo Mainbasket. Benar saya orang Indonesia. Kedua orang tua saya Indonesia, tepatnya dari Jakarta. Tetapi saya lahir di San Francisco, California. Saya tinggal disana beberapa tahun, setelah itu saya pindah ke Seattle, Washington. Ya, benar sekali, nama saya Mikey Halim. Nama belakang saya memang sangat Indonesia.

Bagaimana bisa kamu menjadi desainer jersei olahraga?

Saya mendesain sekitar empat tahun lalu. Tetapi di tahun-tahun awal saya hanya desain grafis. Saya tidak benar-benar membuat kaus olahraga. Saya awalnya mulai merancang untuk membuat saluran YouTube, tetapi kemudian saya menyadari bahwa saya memiliki potensi untuk berkembang ke hal-hal yang lebih besar.

Kenapa memilih jersei olahraga?

Saat ini saya membuat jersei karena menurut saya itu cara yang bagus bagi saya untuk mengekspresikan kreatifitas desain saya, dan followers menyukainya! Saya sendiri memang senang dengan kombinasi warna, pola, dan logo yang berbeda-beda.

Desain jersey NBA karya terakhirmu memasukkan unsur superhero. Ngomong-ngomong, dari mana ide itu datang? Sebab menurut saya itu bagus sekali.

Ya kamu benar! Semua jersei saya baru-baru ini bertema superhero dan penjahatnya. Saya penggemar berat film superhero, khususnya yang Marvel - The Avengers, menjadi franchise film favorit saya sepanjang masa. Saya pikir itu akan menjadi ide yang keren untuk menggabungkan dua hal yang saya sukai. Awalnya saya mencoba dengan Captain America, dan semua orang menyukainya. Jadi saya terus melanjutkannya.

Bagaimana respons tim-tim NBA melihat desain kamu?

Sungguh menakjubkan melihat tim NBA menyukai desain yang saya buat. Saya tidak pernah berpikir desain jersei yang saya buat benar-benar dilihat dan diunggah oleh Spurs, Suns, Pacers, dan banyak tim lain. Saya sangat bersyukur, karena mereka menyukai apa yang saya buat.

Saya lihat di portofolio kamu, banyak desain produk yang sudah kamu buat. Apa saja itu?

Jersei memang menjadi sumber ketenaran saya. Beberapa media juga menyukai desain saya seperti ESPN, FOX Sports, USA Today, dan lainnya. Beberapa desain baru yang saya buat seperti logo NBA tapi dengan nuansa Social Distancing. Beberapa desain yang populer lain seperti kontrol permainan dengan nuansa NBA, dan desain AirPods.

Kami di Mainbasket juga ada Official Merchandise. Mungkin suatu hari nanti bisa berkolaborasi?

Tentu. Di masa depan bila ada kolaborasi untuk merchandise, itu akan jadi sesuatu yang keren.

Oh iya, sebagai orang Indonesia, apakah kamu pernah pulang? dan apa kamu bisa berbahasa Indonesia? (karena selama wawancara menggunakan bahasa Inggris)

Saya pernah ke Jakarta, tiga kali. Iya bisa. Saya bisa bahasa Indonesia. (tor)

Foto: Instagram @Srelix

Komentar