IBL

Terkadang sebuah karya lahir dari keresahan seseorang. Seperti I AMagazine yang diterbitkan oleh Giorgia Sottana. Seorang pemain basket profesional, kapten timnas basket putri Italia, dan kini menuangkan ide-ide dan pemikirannya lewat majalah digital. Giorgia fokus menceritakan sisi lain dari pemain basket.

Keresahan Giorgia dimulai ketika dirinya terjun ke dunia basket profesional. Pemain kelahiran Treviso, 15 Desember 1988 itu mengalami satu hal yang dirasa kurang nyaman baginya. Hal tersebut adalah wawancara. Giorgia merasa kurang nyaman dengan wawancara yang pertanyaannya sama dan diulang-ulang.

"Sebagai seorang atlet, saya telah melakukan banyak wawancara, dan saya sering harus memberikan jawaban yang sama berulang kali. Hanya karena saya ditanyai pertanyaan yang sama, berulang kali," tulisnya di website resmi fiba.basketball. "Sering kali dalam benak saya bertanya, mengapa tidak ada yang yang tahu lebih banyak hal tentang saya, daripada basket."

"Pakaian Atlet" menurut Giorgia akan membungkus seseorang dari pemikiran bebas. Maksudnya tentu mimpi lain, selain menjadi seorang atlet. Itulah yang jarang sekali ingin diketahui orang. Giorgia menganggap dirinya bukan atlet, tetapi seorang petualang. Dari situ ia mulai berpikir untuk menceritakan sisi lain kehidupan atlet. Akhirnya I AMagazine lahir.

Giorgia memulai dengan Josh Owens di edisi pertamanya. Seorang pemain bakset yang membela Pallacanestri Reggiana. Owens menjadi salah satu alasan Giorgia membuat majalah ini. Dibahas dengan lengkap dalam tujuh halaman. Dengan majalah ini, Giorgia ingin bahwa orang mengetahui lebih banyak hal yang dilakukan seorang atlet ketimbang sekadar berolahraga.

Link I AMagazine ediri pertama : https://e707a39a-0252-4147-97c1-ac7fe81c507c.filesusr.com/ugd/d7be71_055cf05bbf2c4668b7d953d726e37301.pdf

"Ketika ditanya 'siapa kamu?', kebanyakan dari kami akan menjawab 'saya seorang atlet', karena itulah cara orang melihat kami, dan hanya itu yang ingin orang ketahui dari kami. Jadi pemikiran itu langsung membatasi kami. Padahal kami lebih dari itu. Ada minat, gairah, ide, impian, dari hal lain yang ingin kami temukan dan gapai," kata Giorgia.

Giorgia berharap ketika membaca I AMagazine, orang tidak akan memandang atlet dengan cara yang sama lagi. Salah satu tujuannya adalah membuat orang ingin tahu lebih banyak tentang atlet tersebut. Selain majalah digital, Giorgia sudah punya website sendiri bernama 4fouram.com.

Giorgia Sottana adalah pemain basket di klub Fenerbahce, Italia. Catatan penampilan untuk timnas Italia adalah 25 kali kejuaraan resmi FIBA. Giorgia menjadi kapten sekaligus jadi salah satu mesin poin timnas Italia. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar