IBL

IBL berharap liga bisa dilanjutkan pada bulan September 2020 mendatang. Tetapi justru beberapa tim pesimistis liga akan berlanjut. Khususnya terkait masalah mendatangkan pemain asing.

Direktur IBL, Junas Miradiarsyah sudah menjelaskan bahwa bulan September paling ideal untuk melanjutkan liga. Tidak lagi bulan Juni atau Juli seperti yang ditawarkan sebelumnya. Menurut Junas, bila wabah virus korona berakhir beberapa bulan ke depan, setidaknya tim-tim masih punya waktu untuk bisa mendatangkan pemain asing. Tim-tim masih punya waktu untuk persiapan tim.

"Kami sudah memikirkan juga tentang pemain asing. Apabila pemain asing yang dipanggil kembali tidak bisa datang, maka tim boleh mengambil nama baru," kata Junas.

Ternyata, penjelasan liga ini tidak mampu meyakinkan beberapa klub. Contohnya Louvre Surabaya. Mereka malah justru memilih agar liga tidak dilanjutkan lagi. Terlebih terkait pemain asing.

"Kalau liga diteruskan dengan pemain asing. Persoalannya sekarang Amerika Serikat jadi negara nomor satu dengan kasus virus korona. Apakah pemain asing diperbolehkan datang ke Indonesia pada bulan September nanti? Lalu, apakah pemerintah Indonesia menerima kedatangan mereka?" kata Erick Herlangga, pemilik Louvre.

Senada dengan Louvre, Pacific Caesar Surabaya juga tidak yakin bisa melanjutkan liga dengan pemain asing. Sebab, biayanya akan lebih besar lagi.

"Kalau mendatangkan pemain asing, biayanya lebih besar. Biaya perjalanan mereka, mengurus dokumen mereka. Lalu dengan biaya yang begitu besar, para pemain asing tersebut hanya bermain kurang dari satu bulan. Atau bahkan hanya satu minggu saja, bila klub tersebut gugur di playoff putaran pertama," kata Irsan Susanto, Direktur Tim Pacific.

Sementara itu, IBL dan perwakilan tim melakukan pertemuan lewat konferensi video. Salah satu topik pembicaraannya mengenai penyesuaian gaji pemain. IBL sendiri tidak melarang tim-tim melakukan penyesuaian gaji pemain selama penundaan liga. Tetapi IBL meminta agar pemotongan ini juga memperhatikan besaran gaji pemain sebelumnya. IBL mengusulkan penyesuaian gaji tetap memperhatikan UMR setempat. 

Baca Juga: Beberapa Tim IBL Rencanakan Penyesuaian Gaji Pemain

Bila dilanjutkan bulan September, maka IBL akan langsung ke babak playoff. Mekanismenya juga berbeda. Semua tim masuk playoff, dan ada dua fase yang harus dilewati sebelum masuk ke babak semifinal. (tor)

Berita Terkait: IBL Berharap Bisa Lanjutkan Kompetisi di Bulan September dan Langsung Playoff

Foto: Hariyanto

Komentar