IBL

Calon-calon ruki NBA semakin banyak bermunculan. Nama Nico Mannion belakangan termasuk ke dalamnya. Ia telah mendeklarasikan diri untuk mengikuti NBA Draft 2020.

Mannion merupakan mahasiswa tahun pertama di University of Arizona. Pada 2020 ini, terpilih sebagai pengisi jajaran Second-team All-Pac 12 di belantara bola basket kampus Paman Sam. Sebelumnya, Mannion sempat masuk ke skuat McDonald’s All-American dan Nike Hoop Summit sebagai pelajar-atlet.

Menurut Kepala Pelatih Arizona Sean Miller, Mannion merupakan pemain yang luar biasa. Ia menyenangkan. Miller melihatnya memiliki potensi.

“Nico adalah rekan setim yang luar biasa, pemain yang sangat penurut dan orang yang menyenangkan,” kata Miller per ESPN. “Masa depannya sebagai garda utama sangat cerah! Kami di Arizona berharap ia sukses.”

Mannion lahir pada 14 Maret 2001 di Siena, Italia. Ia sempat mengikuti beberapa kamp latihan Amerika Serikat karena memegang statusnya dwikenegaraan. Namun, kemudian memutuskan membela Italia dalam ajang FIBA Europe U-16.

Pada 2018 lalu, Mannion menghabiskan waktu bersama timnas senior Italia. Ia berlaga di Kualifikasi Piala Dunia FIBA. Saat itu, usianya baru 17 tahun.

Mannion merasa karier internasionalnya akan menjadi nilai plus. Ia percaya diri mengikuti NBA Draft. Meski jadwal pemilihan calon ruki itu sendiri masih simpang siur karena bergesernya agenda NBA akibat Covid-19.

“Karier internasional saya akan menjadi nilai plus yang besar,” ujar Mannion. “Saya sempat bermain di timnas U16 dan timnas senior. Saya telah membuktikan di Hoop Summit sebagai salah satu garda terbaik dalam draft.”

Mannion saat ini tengah menyiapkan diri agar berhasil melewati NBA Draft dengan baik. Ia berada di Arizona sambil meningkatkan fisiknya. Mannion berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan cita-cita menjadi pemain pro di NBA. (GNP)

Foto: Arizona Wildcats

Komentar