IBL

NBA tidak akan menjatuhkan sanksi kepada senter Utah Jazz Rudy Gobert. Mereka menilai bahwa tindakan yang membuatnya positif COVID-19 tidak perlu ganjaran. Dalam bentuk denda maupun penangguhan.

Sebelum dinyatakan positif terjangkit virus SARS-Cov-2, Gobert sempat bercanda. Ia menyentuh semua mikrofon dan alat perekam media di ruang konferensi pers. Pemain Jazz yang tidak sebutkan namanya mengungkapkan bahwa Gobert bertindak ceroboh di ruang ganti. Ia menyentuh rekan-rekan setim berikut barang-barang mereka.

Oleh karena penemuan ini, NBA terpaksa menunda musim 2019-2020. Mereka juga menghentikan pertandingan antara Jazz dan Oklahoma City Thunder di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat, Rabu, 11 Maret 2020 waktu setempat. Pihak berwenang langsung mengamankan kedua klub untuk dikarantina.

Saat pemeriksaan, rekan setim Gobert, yaitu Donovan Mitchell, dinyatakan positif COVID-19 juga. Sementara pemain lainnya aman. Mereka diperbolehkan kembali ke Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Gobert dan Mitchell tidak bersama tim.

Gobert sendiri menyesali tindakannya. Ia sudah berbicara kepada publik melalui media sosial. Berharap semua ini menjadi pelajaran baginya dan orang lain.

“Saat itu, saya tidak sadar kalau saya terinfeksi.” Tulis Gobert pada keterangan unggahan Instagram pribadinya. “Saya ceroboh dan tidak seharusnya melakukan itu. Saya berharap cerita ini menjadi peringatan dan membuat semua orang serius menanggapi masalah.”

Mitchell, di sisi lain, berterima kasih karena dukungan semua orang kepadanya. Ia mengatakan bahwa dirinya akan mengikuti prosedur dari tim medis. Berharap bisa bekerja sama menanggulangi segalanya.   

NBA akan menunda musim setidaknya selama 30 hari. Mereka berniat untuk memanfaatkan hiatus untuk memikirkan langkah selanjutnya. NBA mesti mengawasi setiap perkembangan agar bisa mengambil keputusan tepat. (GNP)

Foto: NBA

Komentar