IBL

Earvin “Magic” Johnson dan Isiah Thomas merupakan pemain legendaris. Mereka telah mengukir rekor-rekor fantastis selama berkarier di NBA. Namun, salah satu rekor mereka berhasil dilampaui seorang pemain berusia 21 tahun bernama Trae Young.

Menurut catatan StatMuse, garda utama andalan Atlanta Hawks tersebut melampaui Johnson dan Thomas dalam hal mencetak 30+ poin dan 15+ asis pada dua musim pertama mereka di NBA. Young kini mengantungi statistik seperti itu sebanyak empat kali. Sementara Johnson dan Thomas hanya tiga kali.

Young mencatatkan 30+ poin dan 15+ asis keempatnya saat menghadapi Charlotte Hornets di State Farm Arena, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Senin, 9 Maret 2020 waktu setempat. Ia mencetak 31 poin dan 16 rebound dalam pertandingan itu. Hawks pun keluar sebagai pemenang dengan kedudukan 143-138 setelah melewati dua kali babak tambahan waktu (overtime).

Young kini berada di peringkat tiga dalam hal mencetak 30+ poin dan 15+ asis terbanyak pada dua musim pertama di NBA. Di atasnya ada Nate Archibald (5) dan Oscar Robertson (17). Young membutuhkan satu saja untuk menyamai rekor Archibald. Namun, terpaut cukup jauh dengan Robertson (13).

Pemain kelahiran Lubbock, Texas, Amerika Serikat, 19 September 1998 tersebut setidaknya berpotensi untuk melampaui Archibald. Apalagi Hawks menyisakan 16 pertandingan lagi pada 2019-2020 ini. Jika Young mencetak 30+ poin dan 15+ asis saja, maka ia bisa benar-benar melampaui Archibald.

Musim ini, Young sendiri telah tampil dalam 59 pertandingan. Mencetak rata-rata 29,4 poin, 4,3 rebound, 9,3 asis, dan 1,1 steal. Persentase tembakannya (FG%) menyentuh 43,6 persen. Sementara efektivitas tembakan (eFG%) dan true shooting percentage (TS%) masing-masing 51,8 persen dan 59,3 persen.

Young merupakan wajah utama Hawks saat ini. Ia berkembang pesat sejak kemunculan perdananya musim lalu. Young juga mampu masuk ke tim All-Star. Ia berada di jajaran starter bersama rival sejawatnya, Luka Doncic.

Sayangnya, Young belum mampu mengantarkan Hawks ke papan atas. Bahkan, papan tengah pun tidak. Namun, ia akan terus mengembangkan diri agar menjadi lebih hebat dari pencapaiannya yang sekarang. (GNP)

Foto: NBA

Komentar