IBL

Enes Kanter masih harus tampil dengan menit terbatas. Namun, ia mampu memanfaatkan kesempatan yang ada untuk membantu Boston Celtics meraih kemenangan atas New Orleans Pelicans. Kanter bahkan berhasil mencetak rekor langka yang tidak pernah terjadi sejak lima dekade silam di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Sabtu, 11 Januari 2020 waktu setempat.

Pemain asal Turki tersebut tampil dalam 23 menit 5 detik hari ini. Ia mencetak dobel-dobel 22 poin dan 19 rebound. Dengan itu, Kanter menjadi pemain pertama sejak Paul Silas pada 1969 yang mampu mencetak setidaknya 20 poin dan 18 rebound kurang dari 24 menit.

Selain Kanter dan Silas, Dolp Schayes juga pernah mencetak rekor serupa. Itu terjadi pada 1961 silam. Artinya, rekor tersebut benar-benar langka.

Di sisi lain, perolehan poin dan rebound Kanter hari ini sekaligus menjadi perolehan terbaiknya pada 2019-2020. Ia sendiri sudah tampil dalam 30 pertandingan dengan rata-rata 9,1 poin, 8,6 rebound, dan 1,1 asis. Persentase tembakannya (FG%) menyentuh 57,6 persen. Efektivitas (eFG%) 57,9 persen dan true shooting percentage (TS%) 60 persen. Rata-ratanya turun karena menit bermainnya juga terbatas.

Meski begitu, per 36 menit, statistik Kanter terbilang tinggi. Ia mampu mencetak setidaknya 17 poin dan 16,3 per pertandingan. Itu membuktikan bahwa dirinya cukup berguna.

Sementara itu, secara tim, Celtics sedang berusaha mempertahankan posisinya di papan atas Wilayah Timur. Mereka kini berada di peringkat tiga sementara dengan rekor menang-kalah 26-11. Dalam tiga pertandingan sebelumnya, Celtics mengalami tren buruk dengan kalah beruntun. Untungnya, mereka bisa bangkit hari ini dengan mengalahkan Pelicans 140-105.

Selanjutnya, Celtics akan menghadapi Chicago Bulls untuk mengejar kemenangan lain. Kanter mungkin masih harus tampil dengan menit terbatas. Namun, penampilannya hari ini cukup meyakinkan Kepala Pelatih Brad Stevens untuk menggunakan jasanya. (put)

Foto: NBA

Komentar