IBL

Indonesia Patriots diluncurkan secara resmi di Jakarta, Jumat, 3 Januari 2020. Indonesia Patriots adalah Timnas Basket Indonesia yang sedang melakukan pemusatan latihan guna peningkatan kualitas timnas. Mereka akan berlaga di Indonesian Basketball League (IBL) 2020 sebagai salah satu bagian program pemusatan latihan tersebut. Selain meluncurkan tim Indonesia Patriots, Badan Tim Nasional Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (BTN PP Perbasi), hari ini meluncurkan logo baru. Logo ini diharapkan bisa membuat timnas lebih dikenal masyarakat.

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023, bersama Jepang dan Filipina. Sebagai tuan rumah, Indonesia punya kesempatan tampil di ajang tersebut. Syaratnya, Indonesia wajib meningkatkan kualitas timnas basketnya. Khusus untuk tim putra, Indonesia wajib memiliki tim yang kompetitif mulai dari SEA Games 2019 di Manila, Kualifikasi Piala Asia FIBA 2020, dan lolos Piala Asia FIBA 2021. Sebuah tantangan berat yang akan dihadapi Indonesia.

PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) melakukan beberapa pembenahan dan mengambil beberapa keputusan. Seperti, menggunakan jasa pelatih kaliber dunia yang sudah berpengalaman yaitu Rajko Toroman. Kemudian mencari calon pemain naturalisasi yang dianggap mampu meningkatkan kualitas timnas, yaitu Lester Prosper. Pemain berkebangsaan Inggris yang kini tengah diurus proses naturalisasinya. Selain Prosper juga ada Brandon Jawato yang kini juga diproses naturalisasinya.

Sebagai bentuk pembinaan jangka panjang, selanjutnya Timnas Indonesia dikumpulkan dalam satu tim yang diberi nama Indonesia Patriots. Tim ini masuk sebagai kontestan ke-10 di IBL 2020.

Berikut roster Indonesia Patriots di IBL 2020:

Ada syarat-syarat khusus untuk keikutsertaan Indonesia Patriots di IBL nanti. Pertama, poin kemenangan mereka dihitung. Indonesia Patriots juga berhak menyandang gelar juara musim reguler. Tetapi mereka tidak berhak melaju ke playoff, meski menduduki peringkat pertama di klasemen. Kedua, pemain dalam roster Indonesia Patriots tidak bisa kembali ke klub masing-masing saat memasuki babak playoff.

Selain peluncuran tim, BTN PP Perbasi juga memperkenalkan logo baru. Logo ini dibuat dari 3 komponen utama yaitu perisai pada lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila sebagai lambang kekuatan, soliditas, dan unite for nation. Kemudian tulisan Indonesia Basketball dan warna merah putih sebagai identitas. Terakhir ada tulisan INA sebagai akronim resmi NKRI pada ajang olahraga internasional. Logo ini menjadi logo resmi timnas Indonesia putra dan putri, baik senior maupun junior. (tor)

Foto: Guustave Musung

Komentar