IBL

Darren Collison mengejutkan para penggemar NBA pada jeda pasar pemain bebas lalu. Sebagai unrestricted free agent dengan pengalaman bermain yang cukup lama, Darren dikabarkan sudah menjadi incaran beberapa tim NBA. Namun, di tengah ramainya perpindahan pemain, ia justru mengumumkan mundur dari NBA alias pensiun.

Namun, terbaru, ESPN mengabarkan bahwa ada kemungkinan Darren akan kembali bermain dalam waktu dekat, lebih tepatnya sebelum batas akhir pertukaran pemain berakhir, 6 Februari 2020. Beberapa tim pun sudah dikabarkan terus menjalin kontak dengan agen Darren. Namun, dua tim teratas adalah dua tim asa Los Angeles, Lakers dan Clippers.

Ketertarikan kedua tim ini dirasa cukup wajar melihat skuat mereka tidak cukup tangguh di bagian point guard. Rajon Rondo dan Quinn Cook rasanya belum memenuhi kebutuhan Lakers, terbukti dengan lebih banyaknya LeBron James turun di posisi tersebut. Untuk Clippers, Patrick Beverley praktis jadi pilihan satu-satunya. Selama ini, Landry Shamet yang lebih tangguh sebagai penembak jitu sering ditempatkan di posisi ini.

Sebelum pensiun, Darren tercatat bermain selama 10 musim untuk lima tim. Lima tim yang ia pernah perkuat adalah New Orleans Hornets, Indiana Pacers, Dallas Mavericks, Los Angeles Clipppers, dan Sacramento Kings. Darren bisa dibilang sebagai pemain yang underrated terutama karena posturnya yang tidak terlihat cukup atletis. Namun secara statistik, alumnus UCLA ini tidak pernah mengecewakan.

Dari 708 penampilan, ia menyumbangkan rataan 12,5 poin, 2,7 rebound, dan 5,0 asis per gim. Pemain berusia 31 tahun ini juga tercatat tampil sebagai pemain utama sebanyak 518 kali. Akurasi tembakan jarak jauhnya juga cukup mentereng dengan rataan 39 persen.

Alasan keluarga dan kepercayaan menjadi dua faktor utama yang disebutkan Darren sebagai dasar keputusan pensiunnya. “Basket telah menjadi bagian hidup saya sejak kecil. Saya tidak akan bisa membayangkan ada hal lain yang lebih menyenangkan dari basket. Namun, selagi saya masih cinta basket, saya juga tahu ada hal penting lainnya, keluarga dan kepercayaan saya. Saya adalah salah satu dari Jehovah’s Witnesses dan kepercayaan saya berarti cukup banyak di hidup saya,” tulis Darren kala pengumuman pensiun.

Jehovah’s Witnesses adalah salah satu kepercayaan yang ada di agama Kristen. Kelompok ini memiliki sekitar 8,5 juta pengikuti di seluruh dunia. Pusat kepemimpinan kepercayaan ini ada di daerah Warwick, New York, Amerika Serikat.(DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar