IBL

Kejadian di gim antara Philadelphia 76ers dan Washington Wizards yang melibatkan Isaiah Thomas dan penggemar Sixers tak berakhir begitu saja. Sebagaimana diketahui, pemain yang akrab dengan sapaan IT itu dikeluarkan oleh wasit (ejected) usai menghampiri bangku penonton dan bertukar argumen dengan dua penonton. Dua penonton itu pun dikeluarkan dari lapangan langsung setelah insiden.

 Sehari berselang, NBA akahirnya memberikan pengumuman bahwa IT akan dijatuhi hukuman larangan bermain  dua gim atas tindakannya. Hukuman ini dilandasi aturan NBA yang menyebutkan bahwa setiap pemain dilarang untuk datang ke area penonton saat gim berlangsung dengan sengaja. Jika ada yang melakukan hal itu, maka pemain akan otomatis dikeluarkan dalam gim dan akan dijatuhi hukuman tambahan dalam bentuk denda atau larangan bermain atau bahkan keduanya.

Usai gim, IT sebenarnya sudah menjelaskan apa yang terjadi saat itu. Dua penggemar Sixers mengacungkan jari tengah dan mengucapkan kalimat yang tidak sopan tiga kali ke arahnya saat ia melakukan tembakan gratis. Ia menghampiri kedua penonton sesaat setelah timeout dan dengan tenang ia meminta dua orang itu menghargainya sebagai atlet dan tidak mengulangi hal yang mereka lakukan.

Dua penggemar itu pun langsung terdiam dan minta maaf. Kepada IT, keduanya mendaku melakukan hal itu karena ingin mendapatkan hadiah minuman cuma-cuma yang dinjanjikan oleh Sixers. Sepertinya, jika IT gagal memasukkan kedua tembakannya, Sixers memang akan memberikan minuman itu kepada seluruh penggemar yang hadir di arena.

Pemberian hadiah seperti ini adalah hal lumrah di NBA. Seringnya, jika tim tamu tidak menyentuh poin 100 atau jumlah poin tertentu, seluruh penggemar yang hadir akan mendapatkan hadiah. Bentuknya pun beragam, bisa makanan dan minuman, atau voucher untuk hal-hal lain.

IT bukanlah satu-satunya pihak yang terkena hukuman. Dua penonton yang sampai sekarang tak disebutkan namanya itu juga mendapat hukuman langsung dari Sixers. Selain dikeluarkan saat gim kemarin, keduanya dilarang datang ke Wells Fargo Center, markas Sixers selama 12 bulan ke depan. Kedua penonton ini ternyata juga datang menggunakan tiket musiman milik orang lain. Mengetahui hal tersebut, Sixers melacak pemilik tiket musiman tersebut dan menonaktifkan tiket mereka di sisa musim ini.

Konfrontasi antara pemain dan penonton yang hadir di lapangan bukanlah hal baru di NBA. Untuk kasus IT, bisa dibilang konfrontasi yang terjadi cukup dingin karena IT mampu menjaga emosinya dengan baik. Di kesempatan-kesempatan lalu, para pemain tak jarang terlibat konfrontasi tensi tinggi, seperti yang terjadi antara Russell Westbrook dengan pendukung Utah Jazz. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar