IBL

Inovasi adalah suatu kewajiban bagi para produsen sepatu. Persaingan yang ketat membuat mereka harus punya konten yang sejalan dengan gaya hidup konsumen. Semakin erat tema yang diangkat, semakin mudah mengikat pembeli terhadap produknya. Kali ini, Nike merumuskan sepatu yang dibuat spesifik untuk penikmat latihan di gimnasium yang dinamai SuperRep.

“Fitness tengah digandrungi masyarakat dewasa ini. Peminatnya ada hampir di setiap Negara. Sasana olahraga (gym) dibutuhkan untuk menjaga kondisi badan lewat kelas dan program yang disediakan,” tutur Jamie Jeffries, General Manager Nike Training. Menurutnya, latihan di dalam ruangan dengan intensitas tinggi punya spesifikasi berbeda sehingga butuh produk yang dibuat untuk mendukungnya.

Bahkan seorang atlet profesional pun juga akan berlatih di dalam sasana. Para pemain basket akan menghabiskan setidaknya satu-dua jam sehari untuk melakukan berbagai latihan mulai dari fisik, penambahan massa otot, dan lain sebagainya. Maka, wajar bila kemudian Nike merasa bahwa butuh sepatu berlabel khusus untuk latihan di sasana.

Jenis latihan yang paling tepat memakai SuperRep menurut Nike adalah HIIT (High-Intensity Interval Training). Latihan ini memuat gerakan-gerakan beragam mulai dari burpee, ayun tali, push-up, squat, dan lain sebagainya. Desainer Nike dikabarkan telah mempelajari bahwa perlu bantalan yang punya daya pegas lebih responsif untuk mengakomodasi latihan HIIT.

TIdak hanya satu. Nike meluncurkan tiga buah sepatu di bawah bendera SuperRep. Yang utama tentu saja Air Zoom SuperRep. Sepatu ini memiliki bantalan terpisah mengingatkan pada Puma Instapump Fury. Bagian depan, tersemat bantalan Air Zoom yang dianggap bisa memberikan sensasi pegas. Sementara bagian tumit didukung oleh bantalan EVA untuk memaksimalkan tumpuan kaki.

Selanjutnya adalah SuperRep Cycle yang dibuat bagi mereka yang suka menggunakan sepeda statis. Bagian atasnya terbuat dari bahan nilon dengan sol terbuat dari plastik padat yang dibuat cocok dengan bermacam pedal.

Selanjutnya adalah SuperRep Go. Sekilas bentuknya menyerupai Nike Roshe One yang pernah jadi sepatu lari kelas menengah ke bawah populer tiga tahun ke belakang. Bedanya, SuperRep Go dibuat untuk mereka yang ingin berlatih beban. Bantalannya dibuat cukup empuk dan nyaman sehingga membantu pemakainya untuk stabil saat menahan barbel hingga beban besar.

Ketiganya akan dirilis dalam waktu berbeda. Air Zoom SuperRep akan mulai dilepas pada 17 Desember 2019 untuk kalangan tertentu di Eropa, pembelian daring, dan gerai tertentu. SuperRep Go dipastikan akan mulai tersedia April 2020 dan SuperRep Go sebulan kemudian. Harga masih belum diumumkan oleh pihak Nike.

Nike SuperRep Cycle

Nike SuperRep Go

Nike Air Zoom SuperRep

Foto: Nike

Komentar