IBL

Laga panas tersaji di nomor putri basket 5v5 SEA Games 2019 antara tuan rumah Filipina dan juara bertahan, Malaysia, Minggu, 8 Desember 2019. Kedua tim saling bergantian mengambil keunggulan sepanjang gim. Malaysia sebenarnya masih unggul tujuh poin di pertengahan kuarter empat. Namun, Filipina membuat perubahan di pertahanan dan memperbaiki akurasi mereka. Perlahan mereka mengjar dan justru membalik keadaan hingga menang 81-75.

Empat pemain Filipina mencetak dua digit angka dengan tiga di antaranya adalah mereka yang meraih emas di nomor 3X3. Afril Bernardino jadi top skor tim dengan dobel-dobel 18 poin dan 19 rebound. Sebanyak 10 dari keseluruhan rebound Afril adalah offensive rebound. Ia hanya membuat satu turnover dan melakukan tiga blok.

Jack Animam juga dobel-dobel dengan 14 poin dan 11 rebound.  Pemain berusia 21 tahun ini memasukkan 5/8 tembakannya. Janine Pontejos yang sedang mengalami hari yang sulit menyusul dengan 10 poin. Dari bangku cadangan, Ana Castillo jadi penyumbang poin terbanyak dengan 11 poin selama 11 menit.

Meski tak menyentuh dua digit poin, kredit lebih rasanya layak diberikan Filipina kepada Danica Jose. Bermain selama 11 menit dari bangku cadangan, Danica membukukan 3 poin, 4 rebound, dan 3 blok. Hampir semua catatan statistik tersebut tercipta saat Filipina mulai mengejar poin Malaysia.

Dari Malaysia, Yap Fook Ye menjadi top skor dengan 18 poin dan 4 rebound dari 7/12 tembakan. Wei Yin Saw menyusul dengan 11 poin sementara Phey Low menutup daftar dengan 10 poin dari bangku cadangan.

Filipina kini sejajar dengan Thailand sebagai dua tim yang meraih dua kemenangan. Sementara Malaysia sejajar dengan Indonesia yang kalah dua kali dari dua gim. Filipina dan Thailand akan bersaing memperebutkan emas sementara Indonesia dan Malaysia akan bertarung untuk perunggu, esok hari. (DRMK)

Foto: Mei Linda

 

Komentar