IBL

Nama Trae Young tenggelam dalam ketenaran Luka Doncic. Namun, diam-diam ia mencetak rekor baru yang menarik. Rekor itu bahkan menggeser nama besar seperti megabintang NBA, LeBron James.

Young menggeser James sebagai pemain yang pernah mencetak setidaknya 30 poin dan 10 asis terbanyak sebelum usianya mencapai 22 tahun. Ia telah mengantungi 12 kali rekor seperti itu selama kariernya di NBA. Garda andalan Atlanta Hawks tersebut melakukannya pada pertengahan musim keduanya di NBA. Sementara James membutuhkan waktu tiga musim setengah untuk melakukannya hal yang sama.

Young sendiri baru tampil sebanyak 12 kali pada 2019-2020 ini. Dalam pertandingan terakhirnya, ia mencetak dobel-dobel 39 poin dan 10 asis. Namun, Hawks kalah dari Brooklyn Nets di State Farm Arena, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Rabu 4 Desember 2019 waktu setempat.

Sebagai seorang pemain muda, potensi Young sudah mendapat atensi sejak musim debutnya. Ia masuk ke jajaran lima ruki terbaik tanpa cela bersama Doncic yang membela Dallas Mavericks. Young bahkan hampir saja menjadi Rookie of the Year seandainya Doncic tidak tampil lebih baik darinya musim lalu.

Kini, Young semakin kentara menjadi pemain andalan Hawks. Tim asal Atlanta itu telah menjadikannya tulang punggung tim. Young mencetak rata-rata 28,7 poin, 4 rebound, 8,4 asis, dan 1,3 steal dalam 21 pertandingan musim ini.

Persentase tembakannya (FG%) berada di angka 46,3 persen. Efektivitas tembakan (eFG%) 54,7 persen. Sedangkan true shooting percentage-nya (TS%) mencapai 60,5 persen.

Sayangnya, dengan performa seperti itu, Young belum berhasil menaikkan derajat Hawks di NBA. Mereka masih sulit naik ke papan atas. Namun, Young akan terus berusaha. Ia tidak tampak menyerah sampai sekarang. (put)

Foto: NBA

Komentar