IBL

Tim nasional 3x3 putra Indonesia telah mengumumkan nama-nama pemainnya. Skuat mereka rampung dan siap bertanding di SEA Games 2019. Mereka akan berangkat ke Filipina dini hari nanti, Jumat 29 November 2019.

Timnas terdiri dari empat pemain. Mereka adalah Surliyadin (Prawira Bandung), Oki Wira Sanjaya (West Bandits), Muhammad Sandy Ibrahim Aziz (Satria Muda Pertamina Jakarta), dan Rivaldo Tandra Pangesthio (Satria Muda Pertamina Jakarta). Sementara posisi pelatih diisi Ali Budimansyah.

Menurut Manajer Rama Datau, pemilihan pemain itu berdasar atas pemusatan latihan belakangan ini. Mereka telah melakukan persiapan selama beberapa bulan untuk menjaring pemain. Sampai akhirnya mengerucut kepada enam nama.

Selain empat nama terpilih, sebelumnya ada pula Alan As’adi (BPD Bima Perkasa Yogyakarta) dan Respati Ragil Pamungkas (Pelita Jaya Basketball Club). Namun, timnas hanya bisa membawa empat saja. Surliyadin, Oki, Sandy, dan Rivaldo pilhannya.

“Penentuan pemain hasil diskusi dengan tim pelatih,” ujar Rama. “Pemain dipilih karena melihat kebutuhan tim dengan melihat lawan-lawan kita nanti di SEA Games.”

Rama mengatakan bahwa persiapan menjelang SEA Games berjalan baik. Mereka siap untuk mengejar target ke final. Apalagi peluang itu ada.

“Pemain kita sudah berlatih sistem bermain 3x3 dari Agustus, bahkan sebelumnya mereka mengikuti turnamen IBL Go-Jek 3x3,” ujar Rama. “Negara lain juga kebanyakan menggunakan pemain 5-on-5. Tapi, tidak seperti kita, ada beberapa negara yang pemainnya masih main 5-on-5 sampai saat ini. Tidak fokus di 3x3.”

Hal yang sama diungkap Surliyadin. Pemain Prawira itu melihat kemungkinan untuk meraih medali emas. Semua tim punya itu.

"Kalau target insha Allah bisa kasih emas untuk Indonesia," ucap Surliyadin. "Ini 3x3 pertama kali di SEA Games, semua tim punya chance yang sama untuk menang dan juara. Jadi, step by step saja dari game ke game untuk menang."

Oleh karena itu, Surliyadin meminta dukungan dari seluruh Indonesia. Timnas akan bermain di Filoil Flying V Centre, San Juan, Metro Manila, Filipina. Pertandingan berlangsung pada 1—2 Desember mendatang. Ada waktu sekitar tiga hari untuk mempersiapkan diri. (put)

Foto: Dok. 3x3 Indonesia

Komentar